MIUI 10, Apa saja yang baru?

Xiaomi memngumumkan MIUI terbarunya tanggal 31 mei kemarin di tiongkok, MIUI ini dikabarkan memiliki sistem AI (Artificial Intelegence) yang canggih. AI ini mampu mempelajari keseharian kita menggunakan ponsel, misalkan mempelajari aplikasi apa yang sering kita buka, jam berapa dan lain sebagainya sehingga MIUI dapat memberikan performa terbaik sesuai saat menggunakan Ponsel. Selain itu, bagi yang hanya memiliki ponsel XIAOMI yang mempunyai 1 kamera saja, kita juga bisa menikmati fitur bokeh ala dual kamera. (cuman unit yang saya miliki sepertinya tidak menendukung, maklum jadul).

 

MIUI 10 sejatinya didesain untuk ponsel yang memiliki screen yang besar nan kekinian yang mana untuk menggunakanya lebih simpel jika menggunakan gesture dibandingkan dengan tombol kapasitif.

Berikut beberapa fitur baru di MIUI 10.

Recent Menu yang baru

Xiaomi merombak desain Recent aps mereka, alih alih menggunakan recent apps model card. Xiaomi memilihih untuk memberi menampilkan secara utuh aplikasi apa yang sudah atau yang lagi kita gunakan dalam 2 baris sejajar. Disiniki untuk menutup aplikasi tinggal swipe atau menekan tahan untuk memunculkan menu lainnya misalkan Split Screen

Baca Juga :   MIUI 11 Segera Hadir

MIUI 10, Recent Menu

AI Portraits

Nggak punya hp xiaomi yang punya 2 kamera sehingga tidak bisa bokeh bokehan? jangan khawatir. di MIUI 10 kita bisa mennikmati fitur Bokeh Bokehan walau hanya memiliki 1 lensa saja. Xiaomi menggunakan AI dalam software kameranya untuk menghasilkan bokeh yang bagus dan tidak lagi hanya mengandalkan kamera yang kedua.

MIUI 10, AI portraits

 

AI Preloads

Tidak hanya pada kamera Xiaomi juga memasukan AI kedalam sistem MIUI secara keseluruhan, AI ini dapat mempelajari kebiasaan penggunanya seperti aplikasi apa yang sering kita buka, jam berapa saja kita menggunakannnya dan lain sebagainya, sehingga MIUI dapat memberikan performa yang terbaik sesuai dengan karakteristik penggunanya. Canggih ya?

 

Desain Volume Slider yang baru

Xiaomi mendesain ulang volume slidernya, Tinggal tekan tombol volume atas atau bawah makan pop up volume slider akan keluar.

Disini kita juga bisa mensilent device atau juga masuk ke mode do not disturb atau DND yang bisa kita atur jangka waktunya.

 

Mungkin ini yang menjadi fitur andalan MIUI 10, MIUI ten mendukung gesture Native pada OSnya. Sehingga menggunakan navigasi gesture di MIUI 10 terasa smooth. gesturenya antara lain :

  • Swipe dari bawah layar ke atas untuk kembali ke home
  • Swipe ka kanan ke kiri pada recent aps untuk menutup aplikasi atau tekan tahan untuk menampilkan menu tambahan
  • Swipe dari kanan  untuk back
  • Swipe ke kanan ke kiri dan ditahan sebentar untuk berpindah aplikasi.
Baca Juga :   Harga Redmi note 8 bakal sama seperti Redmi Note 7

Panel Notifikasi yang lebih bersih

Xiaomi juga bersih bersih panel notifikasi, kini panel notifikasi mirip mirip dengan panel notifikasi milik IOS yang segar, simple dan memilki desain yang membulat atau round.

Ambient Noise suara notifikasi yang baru

Mau relax, MIUI punya fitur Ambient Noise disini ada pilihan suara alam, hujan, pantai, api unggun dan lain sebagainya, untuk mengakses fitur ini, buka aplikasi jam dan pilih timer.

selain Ambient Noise MIUI juga membawa suara notifikasi baru yang terdengar cuku menyenangkan.

 

Screen recorder yang bisa merekam suara sistem

Ini nih mungkin jadi fitur favorit para galauers yang sering upload Lagu yang sedang dia dengarkan di IG (termasuk saya sih, hehehe) Screen recorder MIUI 10 bisa merekam tidak hanya apa yang sedang di diplay di layar ponsel, tetapi juga suaranya. nggak hanya mengandalkan Mic yang suaranya cempreng.

MIUI

 

Masih banyak sih fitur lainnya yang ada di MIUI 10, seperti Picture in Picture mode, Car Mode, Application manager baru dan batre yang katanya lebih awet.

Baca Juga :   Nah ini dia Redmi Note 8 pro

Saya akan mencoba beberapa hari kedepan MIUI 10 ini (sekarang sih masih beta), apa bisa bikin saya betah apa balik ke Custom ROM Favorit saya AEX.

Post Author: ferizkurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *