Mengatasi Shutdown Komputer lama

Menunggu merupakan hal yang bikin nggak tenang, termasuk menunggu komputer untuk shutdown dengan sempurna. Walau kadang sih kita bisa aja ninggalin komputer untuk mati dengan sendirinya.

Hal yang berbeda jika sobat menggunakan laptop, apalagi kalau makainya sambil dipangku seperti saya sambil duduk duduk di teras menikmati angin malam dan ribuan nyamuk nyamuk nakal yang mengapeli. Udah paha panas, bentol bentol lagi di ciumi nyamuk.

Suatu hal yang sangat sangat disarankan agar laptop kamu awet adalah tidak memindahkan / menentengnya dalam keadaan hidup, alangkah baiknya mematikanya, atau masuk kedalam mode sleep, atau juga hibernate. tergantung kebutuhan kalian.

Karena, masih mayoritas laptop menggunakan hardisk mekanik untuk media penyimpanannya, Hardisk mekanik ini terdiri dari beberapa lapis piringan yang berputar cepat saat digunakan. Jika saja terjadi guncangan yang cukup signifikan bisa jadi hardisk tersebut bakalan rusak.

Nah, kalau musti nunggu 3 menit (dalam kasus saya) untuk laptop agar bener bener mati itu hal yang sangat membosankan.

Bagi sobat yang memiliki masalah yang sama dengan saya, berikut saya kasih tipsnya. nggak perlu skill promrograman, atau hacking tingkat dewa, hanya beberapa klik saja masalahmu bisa sirna dalam sekejap.

Baca Juga :   Install Custom Rom tanpa SDCard/OTG

Untuk mengatasi hal itu, sobat perlu mematikan fitur yang disebut Fast Startup, fitur ini terdapat di windows 8 maupun 10 yang berfungsi agar pada saat akan digunakan, komputer akan menyala dan loading dengan cepat.

Fitur ini sebenarnya berguna bagi kamu yang ingin buru buru bekerja tanpa harus nunggu lama komputer untuk siap digunakan. Fitur ini akan mengingat beberapa konfigurasi yang dibutuhkan komputer untuk hidup.

Sebelumnya, saya akan jelaskan secara singkat mengenai manajemen daya komputer, atau sebut saja ACPI power state. ACPI power State mengatur penggunaan daya yang salah satunya adalah sleep state. Sleep state terbagi menjadi beberapa jenis misalkan S0, S1 hingga S4.

S0 merupakan kondisi dimana komputer hidup, S1 adalah standby, S3 suspend to ram atau menyimpan segala file yang dibutuhkan komputer kedalam RAM sehingga ce[at dihidupkan kembali. dan S4 atau Suspend to disk atau juga familiar dikenal dengan Hibernate.

Dengan menggunakan mode S1 & S3 kamu bisa mematikan sementara komputer (Sleep), hingga dihidupkan kembali. Sleep State ini aman sangat aman buat kamu yang hobi pindah pindah tempat saat menggunakan laptop, cukup tutup layar maka laptop akan masuk ke mode sleep. Namun laptop akan menggunakan sedikit daya agar CPU dan RAM tetap mendapat supply listrik.

Baca Juga :   Fitur baru RealmeUI : Screen Lights Effect

Berbeda dengan S4, file file / konfigurasi yang ada saat komputer digunakan, akan di simpan dalam file khusus (hyberfil.sys). Saat komputer akan digunakan, file tersebut akan digunakan agar komputer akan hidup dengan cepat.

Nah, konsekuensi menggunakan S4 adalah lamanya waktu shutdown karena komputer harus menyimpan data terlebih dahulu ke hardisk, tapi enaknya adalah komputer bener bener mati tanpa menggunakan daya sedikitpun.

Fitur Fast Startup hampir mirip dengan hibernate, tapi hanya beberapa konfigurasi saja yang disimpan sehingga memangkas waktu shutdown tanpa memperlama waktu startup. Tapi yang namanya rencana kadang bisa jalan nggak sesuai perkiraan. Fitur ini kadang justru bikin komputer lama matinya.

Jika sobat yang nggak keberatan menunggu komputer hidup sambil bikin bikin teh, atau ngambil snack. Sobat bisa menon aktifkan fitur ini. Caranya gampang.

  • Pertama, masuk ke control panel dengan cara mengetik “Control Panel” pada kolom pencarian windows 10.
  • Dipojok kanan, ada pilihan “View By” pilih Large / small icon.
  • nanti akan muncul icon “Power Option”, klik.
  • pada kolom sebelah kiri, pilih Choose what the power button do.
  • Lalu pilih Change Setting that are currently unavailable.
  • Di bagian Shotdown Setting, hilangkan centang pada “Turn on fast startup”
  • Selesai.
Baca Juga :   Menghilangkan Background hitam Folder

 

 

Post Author: ferizkurniawan