3 jenis nyamuk yang paling sering kita temui.

Kalau kemarin kita udah kenalan dengan nyamuk tapi secara general, sekarang kita kenalan dengan jenis jenisnya yuk. Ada beberapa jenis nyamuk yang mungkin sudah nggak asing lagi di telinga, ada juga yang sobat belum kenal.

Nggak semua 3500 spesies nyamuk bakal di tulis disini, hanya beberapa aja yang paling sering kita temui dan bikin kesel.

Nyamuk Demam Berdarah
Aedes aegypti – wikipedia

Aedes aegypti

Siapa yang nggak kenal dengan nyamuk ini, jenis yang satu ini paling bertanggung jawab atas penyakit demam berdarah, ciri khas yang paling kentara adalah belang belang putih di sekujur badanya bak kuda zebra.

Nyamuk yang satu ini hobi bertelur di air yang tergenang dan jernih, mereka paling aktif pada pagi hingga sore hari dan menyukai tempat tempat yang gelap. Hmmm kayak manusia aja, Sukanya gelap gelapan.

 

Nyamuk Malaria
Anopheles – wikipedia

Anopheles

Belum pernah denger nama nyamuk yang satu ini? Padahal penyakit yang dideritanya familiar di telinga kita loh. Hewan menyebalkan yang satu ini bertanggung jawab atas penyakit malaria.

Baca Juga :   Kenalan dengan Nyamuk yuk.!

Nyamuyk ini memiliki warna tubuh coklat pucat dan nggak punya loreng kayak sepupunya Aedes Aegypti. Nyamuk ini juga suka bertelur di air yang bersih dan tergenang, dan suka juga bersembunyi di tempat gelap.

Namun, beda dengan saudaranya yang sering berkeliaran di siang hingga sore, kalau yang ini hobinya berkeliaran di malam hari bak maling..

 

Nyamuk kaki gajah
Culex – Wikipedia

Culex, SP

Waduh, yang ini juga nggak kenal?? Sama sih baru denger, hehehehe. Nyamuk ini bertanggung jawab atas penyakit yang disebut kaki gajah. Ciri fisik dari nyamuk ini memeiliki warna kusam dan loreng berwarna coklat di bagian perutnya.

Kalau kedua nyamuk sebelumnya hobi bertelur di air yang tergenang serta jernih, nyamuk yang ini terbilan jorok.

Hobinya bertelur di got got yang kotor. Nyamuk ini mengincar kalian di malam hari, sebelumnya mereka akan membuat sarang di dalam ruangan sebelum menyerang, atau setelah menyerang. Wah, strategi bagus tuh, kayak film film penjahat.

 

Nah, itulah 3 jenis nyamuk yang paling sering kita temui di dunia ini. Jadi, biar nggakjadi sasaran gigitan mereka, (lebih enak digigit pacar :p), jaga selalu kebersihan lingkungan, sedia abate dirumah jika punya kamar mandi yang menggunakan bak mandi maupun kolam dimana ikan berenang maupun dimana manusia berenang, dan juga sedia obat nyamuk ya…..

Post Author: ferizkurniawan