Lombok berguncang hingga 200 kali, apa yang terjadi?

Hari ini berita lagi kencang kencangnya masalah gempa yang terjadi di lombok pagi hari tadi sekitar pukul 5:47 WIB atau jam 6:47 waktu setempat (WITA) yang berkekuatan 6.4 SR yang berpusat di lombok timur dengan kedalaman 10 Km, untungnya gempa terjadi di lepas pantai sehingga tidak berpotensi tsunami. kenapa kok begitu heboh? tak tanggung tanggung, hingga pukul 22:00 WIB tercatat lebih dari 200x gempa susulan dengan kekuatan yang beragam. Kira kira apa ya yang terjadi?

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, gempa yang terjadi di lombok dipicu deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault). seperti kita ketahui di bumi kita yang bundar ini (bukan datar ya, hehehe). terdapat banyak sekali lempengan lempengan bumi yang bertabrakan satu dengan lainya. yang selama berabad abad lamanya mengubah bentuk permukaan bumi kita tercinta ini. salah satunya yang bertabrakan adalah flores back arc thrust yang terletak di utara pulau flores memanjang hingga utara bali.

Baca Juga :   Musuh bebuyutanya nyamuk, Cecak

 

Flores Thurst

Menurut infrmasi dari teman, daerah sembalun merupakan daerah yang cukup parah terkena dampak dari gempa bumi ini,  di daerah ini saja dilaporkan seabanyak 777 rumah mengalami kerusakan. menyusul di daerah jalur pendakian gunung rinjani yang dikabarkan longsor dan merengut nyawa seorang pendaki yang berasal dari makasar., menurut data yang diterima Kantor SAR ada sebanyak 820 pendaki masuk ke kawasan Gunung Rinjani sejak Jumat (27/7/2018), 544 diantaranya sudh turun melalu sembalun, sementara 266 masih berada di atas gunung rinjani, rencananya proses evakuasi akan dilakukan besok (30/07/2018).

Hingga saat ini, tercatat 17 orang meninggal dunia yang berasal dari lombok utara dan timur yang merupakan daerah yang paling dasyat diguncang gempa. namun ternyata gempa ini tidak hanya terjadi di kasawan timur dan utara pulau lombok, menurut pengamatan di web BMKG, wilayah lombok tengah (praya dan sekitarnya) turut pula diguncang gempa namun dengan itensitas yang kecil dibawah 3SR.

hingga pukul 10 malam ini, tercatatat lebhih dari 200 kali guncangan gempa namun intensitasnya menurun seperti penjelasan Kepala Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menggelar telekonferensi video dari Stasiun Geofisika Mataram ke kantor BMKG Pusat . sehingga kecil kemungkinan akan terjadi gempa susulan yang besar,  dan wargapun diminta agar tetap tenang.  “Yang lebih penting agar masyarakat tetap tenang, patuhi arahan dari BPBD setempat, serta selalu ikuti perkembangan BMKG dan jangan terpancing isu yang tak bertanggung jawab”

Baca Juga :   Adu irit Pertamax vs Shell Super

Lombok merupakan pulau yang bisa dibilang spesial buat saya, tahun 1999 saya sudah menginjakan kaki di pulau ini, sebelum isu milenium bug berhembus, hingga tahun 2005. dimana akhirnya saya angkat koper berpindah ke kota malang. banyak sih kenangan manis dengan wanita wanita manis disana, yang sekarang dah move on punya suami dan anak, hehehe.

 

mudah mudahan bencana alam yang tejadi di lombok segera mendapatkan penanganan yang baik dari pemerintah dan cepat selesai ya. Amiin.

Post Author: ferizkurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *