Kenalan dengan Nyamuk yuk.!

Sob, udah mulai banyak nyamuk belum di sekitar rumah? Musim penghujan sudah mau berakhir nih. Kata orang sih nyamuk nyamuk nakal justru lebih banyak di musim kemarau.

Nyamuk merupakan hewan yang termasuk di kelas serangga. Hewan kecil yang menyebalkan ini memiliki 2700 spesies. Edan bukan?

Siklus hidup nyamuk terbagi menjadi 4 tahapan, yang pertama adalah telur, larva, pupa dan dewasa. Kita mulai dengan fase telur dulu nih ya.

Kita mulai dari yang mantap mantap dulu nih, pada saat kawin. Si pejantan akan masuk terlebih dahulu kedalam sarang lalu diikuti oleh nyamuk betina. Ketika sudah selesai bercumbu rayu berdua didalam ruang yang gelap. Si betina keluar dari sarang dan mencari mangsa.

Mangsanya apa nih/ tentu saja darah. Perlu diketahui bahwa yang sering gigit kita itu nyamuk betina, karena mereka membutuhkan protein dalam darah untuk bertelur. Jadi kalu kita digigit nyamyuk, berarti nyamuk itu habis ikeh ikeh kimoci.. :p

Nyamuk betina hanya bermantap mantap ria sekali saja dalam hidupya, jika setelah itu mereka tidak menemukan air untuk menelurkan keturunan kturunan yang imut imut, mereka akan mati.

Baca Juga :   Musuh bebuyutanya nyamuk, Cecak
Telur Nyamuk

Nyamuk betina yang telah menemui air yang tergenang akan menaruh telur telurnya di dalam air. Sekali bereproduksi, mereka bisa bertelur hingga 300 butir..

Telur telur inai sangat bergantung kepada air, karena kalau tempat telur telur itu kemudian kering, maka telur telur tersebut akan rusak. Jadi kamu kamu harus rajin rajin membersihkan tempat yang tergenang/menyimpan air.

Jentik Nyamuk

Telur ini akan menetas satu hingga 2 hari kemudian dan menjadi jentik jentik nyamuk. Itu loh yang bisa kita temui di bak mandi menggeliat kesana kemari yang berwarna hitam ke abu abu abuan. Usia jentik jentik nyamuk hingga masuk ke fase betikutnya adalah 8 hingga 10 hari.

Pada penasaran nggak bagaimana jentik jentik nyamuk ini bernafas di dalam air? Kalau penasaran nih saya kasih tau. Kalau nggak ya, tetep saya kasih tau. Jentik jentik nyamuk bernafas dengan ujung ekornya, jadi ya akrobat gitu didalam air kalau bernafas.

Cara nyamuk bernafas

Untuk meperoleh energi, tentunya butuh makan dong. Makanan mereka adalah organisme organisme kecil yang ada di dalam air, namun ada juga beberapa spesies yang tega memakan saudaranya sendiri, alias mengkonsumsi jentik lainnya.

Baca Juga :   Apasih bahayanya Micin atau MSG?

Setelah fase jentik berakhir, mereka akan berubah menjadi pupa, atau kepompong. Fase ini hanya berangsung antara 1 hingga 2 hari. Di fase ini, mereka tidak lagi bernfas secara jungkir balik, meainkan dengan tanduk thorkis.

larva dan pupa nyamuk
Larva & Pupa

Di masa masa ini, mereka berada di deket permukaan air, hal ini bertujuan agar ketika nyamuk sudah siap menghadapi beban kehidupan, sayap sayap mereka nggak kebasahan. Susah soalnya kalau kebasahan, meresnya gimana kan mereka Cuma punya kaki.

 

Nyamuk dewasa

Fase terakhir adalah nyamuk dewasa, dan siap untuk mengulagi siklus dari awal. Total dari bertelur hingga dewasa, nyamuk membutuhkan waktu sekitar 24 hari, namun ini juga tergantung spesies, dan juga lingkungan. Dengan sklusnya yang cepat dan jumlah telur yang di tetaskan dalam sekali reproduksi mencapai ratusan, nggak heran kalau populasi nyamuk sangatlah buanyak. Dan mereka bisa kita temui di hampir setiap sudut rumah.. Kalau kamu nggak rajin bersih bersih tentunya…

Post Author: ferizkurniawan