Musuh bebuyutanya nyamuk, Cecak

Bosen bahas dari kemarin bahas nyamuk terus. Sekarang bahas musuh bebuyutannya ya. Siapa lagi yang suka dian diam merayap lalu dating sekor nyamuk. Hap, lalu di tangkap.

Sebenarnya frase di tanggap nggak bener juga sih, lebih tepat di lahap, kalau di tangkap cicaknya bisa jatuh nggak pegangan :D.

Cicak merupakan hewan sejenis reptile yang hobi banget merayap di dinding maupun pohon, dan tentu saja hobi buang hajat sembarangan yang tau tau dah nempel di jidat, ichhh…

Hewan ini memiliki warna tubih abu abu, tapi ada pula yang berwarna coklat. Cicak umumnya berukuran sekitar 10cm, bisa lebih kecil jika belum dewasa :p.

Asal muasal reptile mungil satu ini di sebut Cicak / Cecak (yang bener Namanya cecak ya), karena suara yang di keluarkan oleh mereka. “Cak cak cak” begitu, jangan juga kali suaranya.

Cecak memiliki beberapa jenis.

 

Cecak lagi kawin

Pertama, Cicak Tembok.

Ini yang sering buang hajat sembarangan di dalam rumah nih. Cecak ini bisa di jumpai di tembok tembok rumah maupun di sela sela atap. Jenis ini memiliki tubuh yang pipih dan lebar, dengan jumbai jumbai halus di tepian ekornya.

Baca Juga :   Cara alami basmi cicak

Jika kamu memiliki keberanian yang lebih dan berani megang binatang ini, perhatikan deh di bagian bawah badanya, ada lipatan kulit yang agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki. Kalau saya sih ogah 😀

cecak kayu – wikipedia

Cecak Kayu.

Baru tau ya ada cecak kayu? Sesuai dengan mamanya, cecak ini hobinya nempel di kayu kayu pohon. Atau nempel di di atap kayu, kadang suka ngerumpi sama cecak tembok di dekat lampu dan saling bersaing mencari mangsa.

Ciri fisiknya adalah tubuhnya lebih kurus, dengan ekor yang bulat.

 

ceca gula
cecak gula di air – wikipedia

Cecak Gula.

Wah, saya juga baru tau nih ada cecak gula. Cecak ini memliki postur tubuh yang lebih kecil disbanding 2 jenis cecak diatas. Mereka memiliki kepala yang membulat, serta kulit yang agak agak trasparan.

Mereka mangkalnya di dapur dan kamar mandi. Makanan kesukaanya bukannya nyamuk, melainkan butir butir nasi dan gula. Nah luh, makan jangan sampai belepotan kececeran kemana mana, dipantau sama ni cecak.

Selain hobinya berburu nasi dan gula, cecak ini juga doyan ngopi loh. Nggak jarang mereka kepergok kita nyemplung kedalam gelas kopi.

Baca Juga :   Adu irit Pertamax vs Shell Super

 

cecak batu
cecak batu – wikipedia

Cecak Batu.

Kalau ketiga cecak diatas adalah cecak rumahan, Sukanya rebahan nggak kemana mana. Cecak yang satu ini hidupnya di alam terbuka.

Spesies ini merupakan jenis baru yang memiliki nama latin Cnemaspis muria. Sesuai dengan nama latinnya, cecak ini ditemukan di gunung muria, Jawa Tengah.

Sang penemu cicak ini adalah Andri IS Martanegara yang merupakan salah satu anggota tim pandeskripsi spesies baru saat melakukan kegiatan survey pada juli 2018 di gunung tersebut.

 

 

Post Author: ferizkurniawan