Hape yang sudah nggak Ghoib, Xiaomi Redmi Note 5

Redmi note 5Akhirnya kesampaian juga dapetin ini Hape yang menurut legenda ini merupakan Hape Ghoib abad ini, awalnya hanya dijual secara flash sale di lazada tapi dapetin hape ini luar biasa susahnya. Katanya sih 30 detik sudah habis, mungkin yang dijual 10 unit di rebutin jutaan penduduk indonesia hehehe.

Smartphone satu ini tidak sendirian Ghoibnya, dari kubu Asus sendiri setelah Redmi Note 5 muncul juga ikut bertempur di medan Smarthone Mid Range dengan Zenfone Max Pro M1. smartphone ini memiliki spesifikasi yang sama. Perbedaanya hanya di kapasitas batrrenya yang lebih besar dan harganya yang lebih murah. Lantas kenapa kok saya memilih ini ya? Simak saja reviewnya berikut ini.

 

Selamat datang Whyred.

Saya beli hape ini lewat e-commerce akulaku.com bagi yang belum tau mengenai akulaku, nanti saya bahas di artikel yang lain. Smartphone ini dijual pada kisaran harga 2,6jutaan yang versi resmi ya. kalau versi distributornya harganya sekitar 2,3jutaan saja untuk varian 3GB RAM dan 32GB memory internal. Sedangkan versi atasnya yaitu 4GB/64GB dijual dengan harga 3,2 jutaan untuk garansi resmi dan 2,7jutaan untuk garansi distributor.

 

Syukurlah sekarang smarphone ini bisa didapatkan di toko toko offline, tidak lagi ghoib ataupun harus begadang dan mantengin monitor nungguin flashsale. Saran saya, beli yang garansi resminya saja ya, kabarnya garansi distibutor atau smarphone yang non resmi masuk ke indonesia bakal di blokir IMEInya.

Ntah kenapa Smarphone ini memiliki kode name whyred sedangkan wyred sendiri kalau dicari di google munculnya malah produk audio, biasanya make nama nama yang agak lux seperti rolex, hermes dll. mungkin karena dijual di Cina dengan kardus berwarna merah kali ya makannya namanya whyred kalau kotaknya unggu mungkin namanya whypurple. atau putih jadinya whywhite. cuman yang di jual di indonesia kotaknya warnanya orange, nah lu…

Dipaket penjualanya kita akan mendapati kepala charger 5v 2A, kabel data micro usb, kitab kitab yang saya jamin nggak bakaln dibaca, sim ejector, dan bonus case yang sangat membantu karena bodinya ini licin banget, apalagi kamera belakangnya  yang menonjol bikin was pas kalau nggak dipakein cover. Namun, karena saya belinya lewat akulaku.com di bonusin key ring, Gurita, dan Earphone merek samsung yang kualitanya… lebih baik ga dipake hhehehe. Packingnyapun… gile, gede bener, tak kira dapet bonus laptop saking gedenya.

Baca Juga :   MIUI 10, Apa saja yang baru?

 

Desain dan spesifikasi.

Smartophone ini di tenagai procesor snapdragon 636 Ocatacore (8 inti), berakrsitektur KRYO 260 dan memiliki clockspeed sebesar 1,8Ghz. Kabarnya si Xiaomi redmi Note 5 ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan processor milik snapdragon ini, untuk reviewnya nanti akan saya bahas di post lainnya. Lanjut ke masalah spesifikasi, Varian yang saya punya ini memiliki RAM sebesar 3GB dengan internal storage sebesar 32 GB.

Layarnya berjenis IPS LCD memiliki bentangan sebesar 5,99 inch beresolusi Full HD+ 1080 x 2160 berasio kekinian 18:9 dan Mimiliki kerapatan pixel sebesar 403ppi. layarnya ini bagus menurut saya dengan sarturasi warna yang agak warm secara defaultnya, kalau nggak suka dengan tone warna seperti ini bisa kok di setting ke mode cool, atau mau lebih warm lagi.

Kabarnya, layarnya ini memiliki proteksi Corning Gorilla Glass namun tidak disebutkan versi berapa, layarnya juga dilapisi lapisan Oleophobic sehingga licin kalau di usep usep apalagi sudah menggunakan teknologi kaca lengkung 2.5D glass, makin betah deh ngusepnya bagi kau jomblo yang tak ada tangan kekasih untuk di usap.

Smartphone ini memiliki 3 buah kamera, 2 kamera di bagian belakang memiliki resolusi sebesar 12megapixel untuk kamera utama, dan 5 megapixel kamera kedua yang memiliki fungsi sebagai dephtsensor untuk menghasilkan gambar bokeh. Kedua kamera ini didampingi dualtone LED flash. Sementara di bagian depan, kamera nya memiliki resolusi 13 megapixel yang juga ditemani LED flash.  Kamera depanya sudah mendukung Face Recognition yang sehingga kita tidak perlu lagi swipe swipe layar atau menempekan sidikjari untuk membuka smartphone.

Desain hape ini sama dengan seri seri redmi note 4 dengan desain Unibody berbahan metal di tengah dan plastik di kedua ujungnya, yang beda hanyalah setup kamera belakangnya yang bergeser ke samping mirip mirip hape yang ada Xnya lah. Sensor finggerprintnya di letakan di belakang lokasinya cukup mudah di jangkau oleh jari.

Baca Juga :   Pengalaman beberapa bulan menggunakan Redmi Note 10

Dibagian atas kita akan mendapatkan Sensor inframerah yang berfungsi sebagai remote, bisa buat ngisengin TV orang dari jarak jauh, Sensor ini ditemani lubang microphone yang berfungsi sebagai noice cancelelation.

Di sisi kanan terdapat volume rocker dan tombol power, sedangkan di sisi kiri terdapat slot simcard plus MicroSD yang bertipe hybrid. Slot Micro SDnya mampu menampung memorry hingga 256GB, sedangkan slot simnya mampu mendukung koniktivtas 4G di kedua slotnya, tak hanya itu keduanyapun bisa digunakan secara bersamaan.

Dibagian bawah terdapat single speaker grill yang memiliki kualita suaras yang cukup kencang, adapula colokan micro USB untuk transfer data dan mengisi daya, dan lubang earphone 3.5mm, tak ketinggalan lubang untuk microphone. Smarphone ini tidak memiliki sertifikat anti air, jadi jangan coba coba diajak berenang atau main air, sudah pasti si hape bakalan alergi dan demam.

Jeroanya mantap, performanya OK

Sekarang kita beralih ke dalemannya nih, duh seneng banget kalau bahas daleman. Seperti yang saya singgung diawal kalau handphone ini memiliki Processor yang ngebut untuk rentang harganya, Snapdragon 636 ini merupakan pengembangan dari Snapdragon 630 yang memiliki arsiktektur kryo 260 sama seperti seri seri flagship Snapdragon 820. Processor ini memiliki GPU adreno 506, ISP canggih Spectra ISP yang mendukung dual kamera hingga 16mpix, dan perekaman 4K di 30fps dan menjanjikan kualitas kamera yang bagus. Soal perfoma tidak usah diragukan lagi, SD636 memiliki performa hampir 2x lipat dibandingkan processor sejuta umat SD625 dengan skor antutu hingga 11ribuan lebih. Saya sudah mencoba memainkan game berat seperi Asphalt 9 Legends di setingan high dengan lancar, malah menjalankan fungsi screen recorder secara bersamaan pun tak ada kendala.

Untuk menunjang aktifitas kesehariannya, Smartphone ini di bekali baterai berkapasitas 4000mah, Screen On timenya pun bisa temnbus 8jam dengan pemakaian normal tentunya, Sayapun nggak khawatir kalau kelupaan bawa kabel charger lagi (padahal di tas selalu sedia powerbank). Bisa iirit gitu ya? karena processornya sendiri sudah di fabrikasi dengan teknologi 14nm sehingga hemat daya, apalagi di temani MIUI yang memang terkenal hemat dalam penggunaan baterai,

Baca Juga :   Ponsel Baru Samsung dengan Teknologi mentok kanan..

Tak sampai disitu, Redmi note 5 juga memiliki teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0, namun dalam charger bawaanya sama sakali nggak ada tulisanm QCnya, tapi jangan khawatir, dengan charger bawaanya saja untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja.

 

 

Kameranya, aduh….

Sekarang bahas sektor kameranya yang, aduh sumpah ini kameranya kok gini.

Padahal ini hape harganya lumayan mahal, tapi kualitas kameranya itu loh.. EDAN….!!!

Unit yang saya punya memiliki sensor kamera buatan samsung yang memiliki ukuran pixelyang besar 1.4mikcron. Kualitanya bisa lah di sejajarkan dengan kamera kamera ponsel kelas menengah yang lebih mahal dengan kisaran harga 4jutaan keatas, sektor ini jugalah yang membuat saya jatuh cinta sama reno5. Hasilnya OK banget dengan tone warna yang memanjakan mata, ga kusem kayak muka situ yang nggak pernah mandi. hehehe.

Mode Bokeh

Karena memiliki dua buah kamera, si reno juga bisa diajak bokeh bokehan ala kamera dslr dengan separasi foreground dan background yang baik, performa lowlightnya pun oke banget karena miliki bukaan kamera yang lumayan lebar yaitu F1.9 (varian yang masuk diindonesia). Coba sebut, kamera hape apa dengan harga segini yang bisa ngasih hasil kamera seperti ini?

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan, Redmi Note 5 bisa memberikan sesuatu yang sepadan, Processor ngebut, Batre awet, Kualitas layar OK, dan kualitas kamera yang diatas rata rata. Kalau kamera bukan hal yang paling utama buat anda.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

One response to “Hape yang sudah nggak Ghoib, Xiaomi Redmi Note 5”

  1. AHMAD AMIN Avatar

    hahaha ghoib dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =