Vyatta Turbo X, 1 Charger untuk semua.

Kemarin saya kedatangan paketan dari Tokopedia berisi kepala Charger Vyatta dan Kabel data MicroB yang juga dari Vyatta. link pembelian bisa di buka disini.

Kepala Charger ini di bandrol dengan harga 89ribuan dan di klaim mampu mendukung semua protokol charging yang ada saat ini, mulai dari Qualcomm QuickCharge, VOOC Flash Charge, Power Delivery, dan lain sebagainya.

Bahkan, kalau smartphone kita tidak mendukung ke semua protokol tersebut, Kepala Charger ini dapat memastikan batre smartphone kita terisi dengan cepat.

Saya beli ini nggak sendirian, karena didalam paket penjualanya tidak termasuk kabel charger, saya juga membeli kabel charger Vyatta platinum Micro USB cable yang dibandrol dengan harga 43ribuan.

Kita bahas dulu mengenai kepala chargenya. Unit yang saya beli berwarna putih, kalau nggak suka warna putih, tersedia juga yang berwarna hitam.

Di bagian depan box penjualanya terdapat spesifikasi mengenai kepala charger ini dengan Daya sebesar 5V 3A (15watt), 9V 2A (18watt) dan 12v 1.5A (18Watt). Dibagian atas Kepala Charger ini hanya terdapat 1 port USB Type B yang memiliki aksen oranye.

Baca Juga :   Kz APTX-HD, suaranya ajib gan.!

Test

Untuk pengetesan kali ini, saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 5 yang mendukung QC 2.0, saya membandingkan dengan Charger bawaan Xiaomi yang memiliki daya 5V 2A (10Watt), aplikasi yang saya gunakan adalah Ampere yang bisa di dapat di playstore secara cuma cuma.

Saya membandingkan keduanya dengan menggunakan kabel MicroB dari Vyatta dan hasilnya…

Secara mengejutkan, kepala charger bawaan Xiaomi hanya memberikan daya sebesar 4.2V 0.8A atau hanya sebesar 3 watt doang pantas aja butuh waktu 2 jam lebih untuk mengisi daya batre sebesar 4000mAH milik Reno5.

Sedangkan kepala charger milik Vyatta mampu memberikan daya sebesar 4.3V 1.5A atau sebesar 6 Watt hampir 2x lipat lebih cepat daripada kepala charger bawaan.

Pada keterangan pengecasan, muncul info “Charging Rapidly” yang artinya pengecasan dilakukan dengan cepat

Kesimpulan

Kepala Charger Vyatta ini memang mampu memberikan daya yang lebih besar, walau nggak sebesar apa yang tertera di spesifikasinya.

Ketika saya coba, untuk mengisi daya dari 0 hingga 100% di Redmi Note 5 hanya memakan waktu kurang dari 1 jam 30 menit. Dengan charger bawaan bisa lebih dari 2 jam.

Baca Juga :   Avengers : End Game

Namun ada yang mengganjal ketika menggunakan charger ini, Karena body Xiaomi Note 5 menggunakan bahan metal, Body belakangnya ini agak nyetrum nyetrum gimana gitu, Sama seperti ketika saya ngecharge ini hape dengan kepala charger milik Moxom, sedangkan dengan kepala charger bawaan, sama sekali nggak nyetrum.

Yang kedua adalah panas, Ketika menggunakan charger ini si HP terasa hangat, suhu yang terpantau di aplikasi Ampere maupun Cpu-Z sekitar 40-42 derajat.

Share

You may also like...

1 Response

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =