Ukuran Pixel jauh lebih baik dari resolusi kamera?

Ukuran megapixel pada kamera bukan menjadi hal yang utama dalam nenentukan bagus atau tidaknya gambar yang dihasilkan. Kamera beresolusi 18 megapixel belum tentu lebih bagus dari kamera yang hanya beresolusi 13mpixel.

Ada hal yang bisa membuat sebuah kamera mampu menghasilan gambar yang ciamik diantaranya, Jenis sensor CCD/CMOS/BSI, bukaan kamera F/2.2 atau F1.8, ukuran sensor kamera, dan salah satunya adalah ukuran Pixel.

Arpeture / bukaan kamera

Aperture merupakan besaran lubang lensa tempat masuknya cahaya. Semakin besar bukaan lensa, maka makin banyak cahaya yang bisa masuk. Namun ukuran pixel lah yang bertanggung jawab untuk menangkap cahaya cahaya tersebut. Semakin besar ukuran pixel maka makin banyak cayaha yang bisa ditangkap.

Hal ini berpengaruh pada terang tidaknya sebuah foto, baik pada kondisi cahaya cukup maupun cahaya kurang dan dynamic range pada sebuah kamera.

Walau bukaan kamera sama katakanlah F/1.8, namun jika kamera A mempunyai ukuran pixel 1.5 mikron sedangkan kamera B hanya memiliki 1.12 mikron Kamera A mampu menangkap 80% cahaya lebih baik daripada kamera B.

Sensor kamera smartphone

pada kamera Smartphone ukuran pixel bervariasi antara 1 hingga 2 mikron. Google Pixel 3 yang digadang gadang menjadi ponsel dengan single kamera terbaik sampai saat ini, memiliki ukuran pixel sebesar 1.4mikron.

Baca Juga :   Bukan pakai Mediatek, Redmi Note 8 pakai chipset ini…

Dipadu dengan bukaan lensa yang juga besar di F/1.8 tidak diragukan lagi kualitas lowlight yang dihasilkan oleh smartphone ini.

Tren membesarkan ukuran pixel dimulai semenjak HTC memperkenalkan UltraPixel. Dulu Produsen berlomba lomba membuat kamera dengan ukuran resolusi yang besar. Terlebih lagi, konsumer beranggapan bahwa semakin besar Resolusi kamera maka semakin bagus kamera tersebut. 20 megapixel jauh lebih baik dari 8megapixel.

UltraPixel

HTC mengambil resiko untuk tidak ikut pada perlombaan besar besaran ukuran Megapixel. Besaran sensor kamera pada smartphone terbatas tidak seperti kamera pocket, hanya sebesar 1/4 hingga 1/2.3 inch.

Memperbesar resolusi kamera pada sensor sekecil itu berarti harus memperkecil ukuran masing masing pixel.

Imbasnya, kamera tersebut bakalan susah untuk menangkap gambar pada kondisi kurang cahaya. Hal ini disadari oleh HTC sehingga meluncurkan UltraPixel pada 2013.

HTC One

Namun ada hal yang dikorbankan HTC demi mengembangkan UltraPixel yaitu Resolusi kamera. HTC One yang merupakan kamera pertama yang memiliki teknologi UltraPixel, hanya memiliki resolusi sebesar 4Mpixel.

Baca Juga :   Laptop Merah Putih 10 juta? MAHAL!!

Di compare dengan Flagship samsung saat itu Samsung Galaxy S4 yang memiliki resolusi kamera 13mpixel.

Kepedean HTC terbayar, Dibandingkan dengan galaxy S4 kamera HTC mampu menghasilkan gambar yang terang dan minim noise pada kondisi kurang cahaya.

Perbandingan hasil kamera HTC One dan Samsung Galaxy S4

Saat ini UltraPixel mungkin tidak terdengar lagi gaungnya. HTCpun sudah tidak banyak bertempur diranah Smartphone, manun hingga saat ini langkah HTC fokus pada ukuran pixel dibandingkan dengan ukuran resolusinya masih terbukti jitu.

Simak saja Iphone yang bisa dikatakan memiliki resolusi kamera yang tergolong kecil namun memiliki kualitas hasil kamera yang diacungi jempol.

Selain dengan teknologi kamera yang nggak main main, ukuran Pixel pada Iphone pun tergolong besar yaitu 1.4mikron. Dipadu dengan bukaan lensa yang besar di F/1.8 tak heran Iphone bertengger di urutan kedua kamera phone terbaik versi DXOmark.


Posted

in

by

Tags:

Comments

One response to “Ukuran Pixel jauh lebih baik dari resolusi kamera?”

  1. AHMAD AMIN Avatar

    wah di tes dari apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + one =