Transfer data gampang di HP Realme

Salah satu hal yang sering saya lakukan di hp adalah kirim kirim foto dan video, karena pekerjaan saya yang sangat banyak menggunakan kamera ponsel.

Maka dari itu saya butuh ponsel dengan kamera yang bagus, internal memory sebesar, dan processor yang lumayan untuk menunjang pekerjaan.

Ponsel Pilihan saya jatuh pada realme 5 pro karena punya apa yang saya inginkan dalams sebuah ponsel, minus NFC aja sih. 😀

Biasanya, kalau transfer transfer foto dari hp ke komputer, saya menggunakan penyimpanan data Cloud seperti GDrive atau OneDrive. Pede dong, sudah ada wifi kencang dikantor hehehe.

Atau kalau jaringan lagi lelet sama seperti ketika diajak ngobrol dengan doi, dan terpesona dengan kencantikan doi. Atau yang di transfer gede banget, Kabel jadi opsi yang terjempol.

Namun, kalau pake kabel tentu aja ribet harus colok sana sini, apalagi hape saya dulu masih pake port micro usb, kalau kebalik colokinnya ya ga bisa. Sekarang sih sudah pake Type-C jadi ya ga khawatir kebalik.

Baca Juga :   AOSP vs CAF

Dibandingkan dengan pake Penyimpanan Cloud, kabel jelas lebih cepat dalam hal transfer data. Tapi, ada lagi nih salah satu cara lain yang ga pake kabel, tapi bisa transfer data lebih cepat.

Bagi kamu yang punya ponsel Realme atau Oppo, File Manager bawaanya ternyata punya fitur yang ajib banget. Dia bisa transfer data ke komputer pake protokol FTP.

Berikut ini saya bagi cara gunaainya, siapa tau bisa berguna juga nih buat kalian.

.

Pertama tentunya buka dulu aplikasi File Manager bawaan, sebelumnya pastikan komputer kamu terhubung dalam jaringan yang sama.

Di halaman depan File Manager, Di pojok kanan atas, Ada logo komputer. Jika kamu meklik tombol itu, maka kamu akan dibawa ke menu Remotely Manage Files.

Setelah itu, pilih “Start Service”, Seketika layar komputer yang ada di halaman tersebut akan hidup.

Di bagian bawah, terdapat alamat IP yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer data dari ponsel komputer.

Langkah selanjutnya, Buka file broser di komputermu, Ketikan alamat IP yang diberikan oleh Aplikasi File Manager di kolom adress. Contoh, di aplikasi yang saya gunakan alamatnya adalah ftp://192.168.1.4:2121

Baca Juga :   Merekam video 4K di Redmi Note 5

Kalau alamatnya benar, maka di komputer kamu akan muncul gambar seperti diatas.

Folder “0” merupakan folder Internal memory, Sedangkan folder satunya adalah Folder Memory External kamu kamu pake Micro SD di ponsel mu.

Sedikit catatan, Thumbnail pada file gambar / video nggak bakal muncul disini. Solusinya kalau kamu bingung, Pindahkan terlebih darulu file foto atau Video yang kamu mau ke folder terpisah.

Setelah itu, kamu bisa akses folder tersebut melalui komputer dan memindahkan filenya ke komputer. Selamat Mencoba…!

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =