Tarikan motor berat? mungkin saatnya ganti Filter Udara

Beberapa bulan ini si kuda besi agak males malesan kalau diajak adu cepat dengan waktu, mungkin dia sudah lelah menghadapi kenyataan ini, hehehe. Mumpung tahun baru , si megapro sudah memasuki tahun ke tiganya beberapa komponen sepertinya sudah harus diganti baru.

ketika gajianpun masuk, sebelum dia pergi tanpa meninggalkan kenangan, buru buru saya ke toko Accu untuk mengganti Accu yang sepertinya sudah ogah ogahan juga kalau di stater pagi hari, dan speedo meter juga kadang lompat lompatan kegirangan ketika yang punya kudu ngungkal kalau nyalakan motor.

Singkat kata, Accu pun telah berganti, nyetater motorpun tanpa ngeluarin setetes keringet pun. hal berikutnya yang kudu diganti adalah Filter Udara. Umumnya, filter udara kudu diganti tiap 10.000km, cuman saya kebablasan sedikit makanya si megapro enggan untuk diajak buntuti gebetan yang kalau bawa motor mirip valentino rossi. Dikit kok ga banyak, cuma lebih 20.000km.

Singkat kata lagi, saya kemudian silahturahmi ke toko sparepart honda untuk meminang 1 unit filter udara untuk megapro Injeksi tahun 2017 seharga cuma 50ribu saja, musti puasa makan lalapan bebek 3hari nih.

Baca Juga :   Tips Chatting Whatsapp agar lebih menarik.

Setelah dipinang tinggal pasang, nggak usah masangin ke bengkel. Pasang sendiri lebih hemat, lagian masangnya juga sangat mudah. daripada harus ngeluarin dana 15ribu untuk ongkos tukang.

Tool yang dibutuhkan cuma obeng, dan segelas es teh panas beli di warung sebelah. Langkah pertama, angkat dulu jok nya lalu sisihkan.

Rumah Filter

Setelah dibuka, persis dibah bokong anda kalau duduk, ada rumah filter yang didalamnya terdapat filternya. Cukup buka 6 skrup penahan dengan obeng tadi lalu angkat penutupnya pelan pelan.

Filter Udara kotor

Angkat Filter udara yang sudah tidak layak digunakan, lalu masukan filter udara baru

Silter udara baru sudah dipasang

Tutup kembali rumah filter, lalu pasang lagi joknya. Selesai, si kuda siap diajak nikung temen…

Sekilas mengenai filter udara, Filter udara sangat penting fungsinya untuk menyaring udara yang masuk kedalam mesin, supaya bebas dari partikel partikel kecil yang bisa merusak dinding silinder head, maupun sistem injeksi.

Selain itu jika filter kotor, udara juga bakalan susah untuk masuk kedalam ruang bakar, hasilnya motor loyo dan kurang bertenaga. Jadi, setiap 10.000 km sangat disarankan untuk mengganti filter, toh nggaks ampai ratusan ribu.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 19 =