Samsung Galaxy A20, Hape Amoled Murah Samsung

Kira kira sudah sekitar 8 tahun saya tidak lagi menggunakan hape dari Samsung, Terakhir beli seingat saya adalah samsung Galaxy Mini yang keluar pada awal tahun 2011.

Sekarang, iseng iseng saya nyibain beli Hape samsung, Bukan untuk saya sih, untuk orang tua yang hapenya sudah minta pensiun. Pilihan awal saya adalah samsung Galaxy A10 karena harganya yang cukup murah dengan kisaran harga sekitar 1,6jutaan saja.

Iya, samsung akhir akhir ini gemar menelurkan ponsel dengan harga terjangkau mulai dengan galaxy M10 dan M20. Dan sekarang, seri A ikut ikutan terjun ke kelas menengah kebawah dengan seri A10 dan galaxy A2 Core.

Setelah banyak menimbang kanan kiri, pilihan saya jatuh ke Samsung Galaxy A20 dengan harga sekitar 2jutaan saja. Nah, apa saja yang ditawakan samsung Galaxy A20 ini?

Paket Penjualan Galaxy A20

Dalam paket penjualan Galaxy A20 terdapat Hapenya (tentu aja), Kepala charger yang support Samsung Adaptive Fast Charging 18watt, kabel data Type-C, kitab kitab yang saya yakin nggak dibaca, serta stiker EMEI. Tanpa ada Softcase tambahan seperti kebanyakan hape 2 jutaan.

Desain

Secara desain, Galaxy A20 bisa dibilang tipis dan sexy, apalagi unit yang saya beli secara nggak sengaja (pesennya hitam, datangnya merah) bagaikan gadis remaja yang menggunakan gaun warna merah, cantik…

Baca Juga :   Intel bakalan berhenti ngirim Processor ke Huawei.

Di Sisi bawah terdapat colokan kekinian Type-C serta speaker grill yang suaranya B aja. Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power, sisi atas terdapat lubang Jack Audio, dan sisi kiri terdapat slot MicroSD dan simcard. Slotnya mendukung 2 buah sim dan 1 micro sd, jadi leluasa menggunakan 2 buah operator secara bersamaan.

Di Bagian depan terdapat Layar Super AMOLED yang memiliki bentang sebesar 6,4inch dan beresolusi HD 720p doang, Bentang layar yang luas namun dengan resolusi yang seadanya membuat tampilan layar sedikit kurang tajam namun masih cukup OK untuk dipandang.

Layar Amoled besutan samsung sudah nggak diraguin lagi kualitas reproduksi warnanya, Vivid dan kontras. Dijamin, saat nonton video Tanboykun yang makan ayam McD serta saos samyang, itu air liur bisa bak banjir kiriman disaat hujan, bikin ngiler choy.

Sudut sudut layarnya membulat, serta ada poni diatas layarnya. Samsung menyebutnya Infinity-V yang mana menyimpan kamera selfie beresolusi 8mpix dengan bukaan lensa F/2.0. Namun tidak diketahui proteksi layar apa yang digunakan di sini. Lebih amannya, begitu beli pasang tempered glass.

Lanjut kebagian belakang, terdaapat dua buah kamera yang masing masing beresolusi 13 megapixel F/1.9 dan 5 megapixel ultrawide F/2.2. Kamera ini ditemani oleh sensor fingerprint yang bentuknya agak lonjong

Baca Juga :   Xiaomi di Ban US, bakal senasib dengan Huawei?

Spesifikasi

Galaxy A20 ini mengusung chipset buatan samsung sendiri yaitu Exynos 7884 Octacore dengan kecepatan 1.6ghz, ditemani dengan RAM 2GB serta ROM lega 32GB. Batre yang dibawanya bertipe lithium Polymer 4000mAh.

Dari sisi performa sehari hari, Spek yang dibawanya sih cukup mumpuni jika hanya sekedar membuka Sosmed dan Chating, Skor Antutu yang dihasilkan sekitar 81ribu poin kurang lebih setara dengan Snapdragon 439 atau Helio P35.

UI yang digunakan oleh galaxy A20 sudah menggunakan OneUI seperti seri seri Galaxy Kelas Atas lainnya. Terkesan lebih modern ketimbang Galaxy M20 yang masih menggunakan Samsung Experience.

Kamera

Kita bahas yang paling dicari cari yaitu kameranya. Samsung membekali A20 dengan 2 buah kamera, Lensa utamanya berkekuatan 13 megapixel dengan bukaan lumayan lebar F/1.9

Hasilnya bisa dibilang lumayan, warna yang dihasilkan cukup original, tidak lebay serta dynamic range yang cukup. terllihat gunung, langit, awan, serta asap sulfur dari gunung arjuno mampu diprepresentasikan dengan baik.

Kamera Widenya juga mampu menghasilkan gambar yang baik, namun dengan detail yang kurang, makslum saja kamera ini hanya memiliki resolusi 5mpixel. Overal, saya masih bisa maklum dengan kamera ini, dengan harga segitu sektor kamera rupanya nggak di anak tirikan oleh samsung.

Baca Juga :   Infinix Note 4, gede sih. tapi

Di kondisi kurang cahaya, kamera yang memiliki bukaan F / 1.9 bisa dibilang cukup aja. Detailnnya kurang, sedikit ngeblur, serta noise yang bertebaran. butuh tangan yang extra stabil untuk menghasilkan gambar yang tajam.

Sekarang, kesimpulan. Dengan harga 2 jutaan lebih dikit, saya lebih merekomendasikan hape ini ketimbang Galaxy A10. memang dari segi harga terpaut lebih dari 500ribuan. Tapi apa yang didapatkan juga lebih banyak.

Diantaranya layar yang sudah pake panel Super Amoled, Bentangan yang lebih lebar, Adanya kamera ganda super wide yang berguna mengambil gambar yang lebih luar di tempat yang sempit, Batre yang lebih besar serta didukung Fast Charging, Ada fingerPrint, dan portnya type-Cnya yang sudah kekinian.

Kekurangan yang saya rasakan di Galaxy A20 adallah kualitas kameranya yang cukup aja, Build Quality yang biasa aja (slot sim card agak ringkih menurut saya). Selebihnya jika kamu ingin memiliki hape samsung berlayar amoled murah, Galaxy A20 bisa menjadi jawabannya


Posted

in

, ,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − four =