Pixel Experience, Custom ROM favorit

Bagi yang doyan oprek ponsel, Custom ROM merupakan hal yang nggak asing lagi. Kalau di PC Custom ROM merupakan OS yang digunakan unntuk menjalankan alikasi sehari hari.

Di dunia maya, custom ROM bertebaran layaknya kenangan masa lalu, ada yang B aja, ada pula yang Ajib. Salah satu yang Ajib menurut saya adalah Pixel Experience.

Pixel Experience merupakan Custom ROM yang bertujuan agar kita kita dapat merasakan menggunakan Device idaman kaum Geek yaitu Google Pixel tanpa perlu membeli devicenya yang harganya bagaikan Steak Wagyu kualitas paling atas plus Caviar dan Truffle sedangkan kantong cuma bisa makan ayam geprek.

Custom ROM ini tersedia untuk berbagai device, mulai Asus hingga ZUK (Lenovo), cuma ya tipe tipe tertentu, nggak semuanya.

Kita bahas mengenai tampilan dulu, tampilan Custom ROM ini mirip banget dengan Google Pixel, Bersih, tanpa banyak Aplikasi tambahan (bloatware). Murni aplikasi aplikasi penting dari google. Boot Animasinya pun ala ala google pixel yang hanya menampilkan huruf G doang.

Baca Juga :   Infinix Note 4, gede sih. tapi

Secara performa, Custom ROM ini ngebut banget karena minim aplikasi tambahan, dan daya tahan baterainya OK. dengan pemakaian ala saya, ini Xiaomi Redmi Note 5 yang saya gunakan bisa menemani saya seharian bekerja. Kalau nggak intens main social media plus main game.

Skor Antutu yang dihasilkan sebesar 118ribu poin, 5ribu poin lebih tinggi dibandingkan dengan MIUI 10, tapi tidak spektakuler Havoc yang memberikan skor antutu sebesar 127ribu poin.

Sebagai catatan, ROM yang saya gunakan adalah versi AOSP, Pixel Experience hadir dengan pilihan Base AOSP dan CAF. dan untuk Cache dan Data sudah saya format ke F2FS jadi mungkin skor antutu yang didapat kalian kalau mencoba Custom ROM ini akan berbeda beda.

Karena hanya membawa fitur esential, jangan berharap bakal banyak customisasi di ROM ini, bahkan untuk ganti ICON aja nggak bisa. kecuali Launcher bawaanya diganti dengan Launcher lain misalkan Mi Launcher, Poco Launcher dan lain lain.

Secara default, sisa RAM yang digunakan dari 4GB adalah 1,5GB agak boros sih ketimbang MIUI yang biasanya menyisakan RAM sebesar 1.8 GB. tapi terbayar dengan performa yang gesit.

Baca Juga :   Review Knowledge Zenith ZSN, beneran enak?

Fitur Fitur yang dibawa atau bisa digunakan di ROM ini antara lain:

  • Double Tap to Wake
  • Digital Well being ( untuk melihat aktifitas kamu seharian dengan ponsel)
  • Face Unlock
  • Dark Mode
  • Night Light
  • Reading Mode
  • Caffein
  • Ambiance Display

sedikit saya bahas UI dari Pixel Experience ini. Di halaman depan secara default hanya terdapat Icon, Navigation Bar dan Google Search Bar di bagian bawah, dan at Glance dibagian bawah. At Glance mampu menampilkan informasi cuaca, kondisi traffic ke kantor dll.

Jika digeser ke bagian kiri, kita akan menemukan Google Now untuk baca baca berita terkini supaya kita nggak ketinggalan informasi.

Pixel Experience sudah mendukung full gesture yang bisa diaktifkan via Setting. Jika fitur gesture sudah diaktifkan, untuk masuk ke Recent apps cukup swipe nav bar ke atas sekali, 2x untuk menagkses menu aplikasi.

Untuk bergeser antar aplikasi, cukup swipe nav bar ke kanan dan kekiri.

Untuk nyicip nyicip Custom Rom ini, bisa cekidot di Link INI.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A20, Hape Amoled Murah Samsung

Kesimpulannya, Bagi kamu yang mau nyari Custom ROM gesit, tanpa bloatware, bersih, nggak begitu suka oprek tampilan dan mau merasakan bagaimana punya Google Pixel di genggaman, Custom ROM yang satu ini bisa lah dilirik.

Share

You may also like...

1 Response

  1. AHMAD AMIN says:

    sangat membantu, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 2 =