Performa Maksimal Redmi Note 5.

Dunia smartphone beberapa bulan ini sepertinya lagi hot hotnya, banyak device baru bermunculan dengan spesifikasi yang mumpuni.

Mulai dengan kemunculan snapdragon 636, yang merupakan seri Chipset snadpragon menengah dengan performa yang kencang berkat arsitektur kryo 260.

Arsitektur ini juga mentenagai chipset flagship Snapragon 820 dan chipset favorit Snapdragon 660.

Zaman semakin maju, Snapdragon 660 yang dulu jadi primadona namun harga devicenya masih cukup lumayan tinggi, sekarang bisa didapatkan dengan harga yang ramah dikantong.

Sebut saja Redmi Note 7 yang sekarang di banderol dengan harga sekitar 2,6jutaan. Dulu dengan harga segini cuma bisa dapat Redmi Note 5 dengan snapdragon 636.

Malah, beberapa bulan lalu dan minggu minggu terakhir makin bermunculan Device yang menggunakan Snapdragon 7 series terbaru yaitu 710 dan 712.

Nah lantas apakah Snapdragon 636 di redmi note 5 sudah ketinggalan zaman? nanti dulu.

Saya berikan beberapa cara untuk bikin si Reno 5 lebih ngacir lagi.

Disclaimer dulu, dengan menggunakan cara cara ini garansi sudah pasti hangus, namun mengigat umur dari smartphone ini sudah lebih dari satu tahun, mungkin sebagaian dari Reno 5 yang kalian punya sudah selesai masa garansinya.

Baca Juga :   Menghilangkan Background hitam Folder

Kedua, saya nggak bertanggung jawab untuk kerusakan yang terjadi pada saat proses modifikasi ini berjalan. Resiko di tanggung penumpang ya. Kalau setuju, mari dilanjut.

Saya merekomendasikan untuk device xiaomi kamu menggunakan custom ROM, Custom ROM yang saya gunakan saat ini adalah HavocOS versi terbaru, karena menurut pengalaman saya, custom ROM ini memiliki performa yang tinggi dibanding custom Rom lainya.

pastikan hape kamu sudah terinstall magisk manager ya. Selanjutnya pastikan partisi data dan cache sudah menggunakan file sistem F2FS.

Jika langkah awal diatas sudah terpenuhi, selanjutnya ada beberap file yang musti di download andara lain :

  1. Modul Magisk FDE.AI download sini.
  2. Modul Magisk NEO thermal. download di sini
  3. IceCold Kernel yang bisa di download disini.

Setelah file diatas di download. Isntall terlebih dahulu IceCold Kernel melalui TWRP, kernel ini untuk mengganti kernel bawaan dari ROM HavocOS.

IceCold kernel berisi beberapa optimasi berdasarkan CAF yang bisa bikin device Reno5 memiliki performa yang lebih baik dengan konsumsi daya yang tetap hemat.

Baca Juga :   COMPUTER 101 ep.3 – RANDOM ACCESS MEMORY (RAM).

Walaupun nggak sehemat MIUI, namun berdasarkan pengalaman saya, cukup untuk seharian dengan catataan tidak instens bersosial media dan main game tentunya.

Selanjutnya, install modul magisk FDE.AI dan NeoTermal melalui aplikasi Magisk. FDE.AI merupakan aplikasi untuk mempercepat android tanpa kamu perlu pusing untuk menseting kanan kiri.

Di modul ini sudah tertanam AI yang akan mengoptimalisasi hp sesuai beban kerjanya.

Sampai disini saya tanya dulu deh, pernah nggak pas main game si hape mulai panas performa si hape menurun? nah ini karena ketika si hape mendeteksi suhu yang tinggi, clockspeed chipset akan diturunkan. Dengan modul ini, si hape nggak bakalan nurunin clockspeed sehingga performa maingame tetep lancar.

Berikut adalah perbandingan benchmark ketika menggunakan MIUI 10 dan setelah menggunakan cara diatas

Berdasarkan skor antutu diatas, terdapat pengingkatan performa sebesar 13 persen dari bawaan MIUI 10 yang hanya mendapat skor 113ribu aja, walau nggak sekecang skor antutu snapdragon 660. cukup lumayan lah kenaikan yang berhasil di dapat.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =