Merekam video 4K di Redmi Note 5

Di artikel sebelumnya, saya bahas secara mendalam kamera Redmi Note 5 yang mengesankan untuk kelasnya. Sayangnya, aplikasi kamera bawaan Redmi Note 5 saya rasa kurang bisa untuk menggali lebih dalam lagi potensi yang dimiliki oleh kamera Smartphone ini. Sebut saja perekaman video 4K yang tidak tersedia dalam software kamera bawaanya.

Cukup aneh memang apalagi sensor kamera bawaanya yang sudah suport perekaman video hingga 4K pun demikian dengan chipset snapdragon 636 yang menjadi otak dari smartphone ini. Namun jangan khawatir, dengan sedikit kemapuan oprek meng oprek fitur 4K video recording pada redmi note 5 bisa kita nikmati.

Cara pertama adalah dengan mengroot Android, tentu untuk menggunakan cara ini membutuhkan proses yang tidak mudah. Pertama tama harus “minta ijin dulu” ke Xiaomi untuk membuka Bootloader di ponsel mereka seperti pada saat saya mengunlock Xiaomi Redmi 4A saya.

Setelah itu, harus install TWRP, lalu di Root dan langkah terakhir adalah menginstall Google Camera milik Google Pixel. Ribet bukan?

Baca Juga :   Belum lima menit

Cara kedua adalah menginstall Open Camera, namun sayangnya saat saya menggunakan Open Camera, selalu saja aplikasi ini menutup dengan sendirinya saat opsi perekaman 4K di hidupkan.

Susah ya? jangan putus asa dulu, saya punya cara yang sangat mudah dan dijamin sukses, yaitu dengan menginstall aplikasi Cinema FV-5 yang ada di PlayStore. Sebelumnya saya beritahu dulu, aplikasi ini aplikasi berbayar. Tapi bagi anda yang tidak ingin meroot smartphonenya yang mana bakalan menghanguskan garansi, opsi ini paling menarik menurut saya. Dan tentu saja, ini android.. hehehe. you know what i mean.. :D.

 

Tak perlu panjang lebar lagi, berikut ini saya tunjukan hasil perekaman video 4K menggunakan smartphone ini serta perbandingan kualitasnya dengan opsi perekaman Full HD

kalau anda jeli, bisa terlhita tulisan Museum Angkut + berwarna putih di sebelah kiri terlihat lebih jelas jika dibandingkan hasil perekaman Full HD, kalau masih belum jelas berikut saya screenshoot kan hasil perekaman baik 4K dan FHD.

Baca Juga :   Mengenal warna warni api.

 

Perekaman Full HD Redmi note 5

Resolusi FHD

Perekaman 4K Redmi Note 5

Perekamnan 4K

Hasil perekaman dalam 4K pun terlihat lebih detail jika dibandungkan dengan FHD (1080p).

Bagaimana? mudah bukan?.

Sayangnya jika kita merekam dalam resolusi 4K dan fitur stabilisasinya kita hidupkan, si reno bakalan mogok… Jadi, kalau kita mau hasil perekaman yang stabil jika kita memegang ponsel tanpa menggunakan tripod atau gimbal. FullHD adalah resolusi tertinggi yang bisa kita gunakan.

Namun jika peralatan tempur kita mumpuni 4K bukanlah masalah…

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =