Megapixel Race, Ponsel samsung ikut ikutan pake Sensor 108MP.!

Beberapa miggu lalu jagat perponselan di hebohkan dengan Ponsel Baru Xiaomi yaitu Mi Note 10 dan Mi Note 10 pro yang mengusung sensor kamera berkapasitas 108Mp.

Sensor itu diketahui dibuat oleh samsung yang bekerjasama dengan Xiaomi untuk melahirkan sensor kamera ISOCELL Bright HMX yang berkekuatan 108MP.

Sensor ini memiliki ukuran pixel sebesar 0.8micron dengan ukuran sensor sebesar 1/33 inch yang jauh lebih besar dibandingkan sensor 64mp sekalipun.

Sensor ini bahkan mendukung perekaman video hingga 6K di 30fps.

Sejauh ini, sensor kamera 64mp saja, baru digunakan di beberapa merek ponsel saja, Seperti Realme, Vivo, Oppo dan Xiaomi. Anehnya samsung sendiri nggak menggunakan sensor 64MP padahal kan mereka yang bikin..

Nah, ini ada bocoran dari xda-developer bahwa samsung mengeluarkan update untuk aplikasi mereka yang mendukung penangkapan gambar hingga 108MP.

Ada beberapa baris perintah dalam pemrogaman yang ditemukan di aplikasi kamera One UI 2.0 Beta 4 yang menegaskan bahwa aplikasi ini mendukung sensor kamera 64MP hingga 108MP

Baca Juga :   Bukan pakai Mediatek, Redmi Note 8 pakai chipset ini…

bahkan, di beberapa baris juga ditemukan dukungan untuk perekaman video di 8K 30FPS.

untuk bisa mengambil gambar sebesar itu dan video dengan resolusi super tersebut, tentunya membutuhkan chipset yang mumpuni.

Untuk itu, samsung juga mengembangkan Chipset terbaru mereka Exynos 990, mungkin sensor ini dan chipset terbaru mereka bakal digunakan di Samsung galaxy S11 yang bakal rilis awal tahun depan.

Di beberapa test pada ponsel menggunakan sensor terbaru samsung tersebut (Mi Note 10) terlihat betapa kewalahanya ponsel ini menghandel sensor kamera sebesar itu.

Mungkin SoC 730G yang tertanam di ponsel tersbut kurang gegas untuk memproses gambar dengan resolusi segede gaban.

Bisa juga karena Tipe Storage UFS.2.1 yang kurang cepat menyimpan data?.

Wajar kalau samsung bekerja keras untuk membuat chipset baru yang bisa memaksimalkan sensor kamera terbarunya tersebut.

Dalam “APK Teardown” yang dilakukan XDA-Developer juga diketahui bahwa ponsel samsung yang diperikrakan sebagai Galaxy S11 tersebut akan menggunakan layar berasio 20:9.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 17 =