KZ ZSN Pro, upgrade minornya ZSN

Isi dari KZ ZSNpro

Halo sobat ajeb ajeb, Beberapa hari lalu earphone kesayangan saya KZ-ZSN secara nggak sengaja ikut kecuci bersama celana, alhasil sekarang suaranya jadi besar sebelah, berhubung saya penggemar musik tentu hal ini jadi nggak mengenakan. Sehari tanpa musik itu kayaknya hambar, ibarat sehari nggak makan.

Mumpung habis gajian dan dapet bonusan saatnya nyari IEM baru, KZ-ZSN ini meurut saya sudah OK banget hingga rasa penasaran saya muncul ketika upgradenya datang, berikut review singkat saya mengenai KZ-ZSN Pro.

Sebelumnya disclaimer dulu ya, apa yang saya utarakan disini sifatnya subyektif, selera saya mungkin akan berbeda dengan selera sobat ajeb ajeb sekalian. Selalu coba sendiri. dan percaya kuping sendiri. Sudah paham, mari kita lanjut.

 

Desain ZSN Pro

 

Desain

Impresi pertama saya dengan KZ-ZSN Pro ini hampir sebelas duabelas dengan versi non pro, garis desainnya sama namun sedikit berbeda di desain faceplatenya yang kini motifnya menonjol. Lubang anginnya juga sedikit berbeda dimana versi non pro memiliki 3 buah ventilasi udara sedangkan versi pro hanya memiliki 1 buah lubang ventilasi.

Secara keseluruhan, Desain yang pro ini terlihat lebih halus, nggak kerasa kasar dibandingkan dengan versi non pro. versi pro juga memiliki bobot yang lebih berat ketimbang versi non pro, selisih beberapa gram saja kok. Soal fitting dan rasa saat digunakan sejauh ini nggak ada perbedaan berarti.

Baca Juga :   Redmi Note 8, Xiaomi lagi lagi bikin onar.!

Di paket penjualanya isinya nggak jauh beda dengan yang versi biasa, cuma disini kabelnya beda dengan kakaknya. Kabelnya ini lebih lentur rasanya plastik pembungkusnyapun agak lebih tipis. Saya suka dengan kabel yang ini kesanya lebih fleksible, cuma urusan ruwet saat disimpen sih sama aja, hehehe.

Spesifikasi.

Berikut adalah tabel perbedaan antara ZSN dan ZSN Pro

1. Product Name: Original KZ ZSN In-ear Earphone 1. Product Name: Original KZ ZSN Pro In-ear Earphone
2. Brand: KZ 2. Brand: KZ
3. Model: ZSN 3. Model: ZSN Pro
4. Earphone type: In-ear 4. Earphone type: In-ear
5. Impedance: 25 5. Impedance: 24Ω
6. Earphone sensitivity: 104dB/mW 6. Earphone sensitivity: 112dB/mW
7. Frequency range: 20-40000Hz 7. Frequency range: 7-40000Hz
8. Interface: 3.5mm Gilded 8. Interface: 3.5mm Gilded
9. Plug Type: L curved 9. Plug Type: L curved
10.Cable Length: 1.2m3cm 10.Cable Length: 1.2m±3cm
11.Color: Black, Cyan, Purple 11.Color: Gray, Blue, Purple
12.Whether with cable: Yes 12.Whether with cable: Yes
13.Earphone interface: 2Pin connector 13.Earphone interface: 2Pin connector
14.Whether with mic: YES 14.Whether with mic: Optional
15.Whether can replacement cable: Yes 15.Whether can replacement cable: Yes
16.Driver unit: 1BA+1DD hybrid driver uni 16.Driver unit: 1BA+1DD hybrid driver unit

Dari spesifikasinya nggak ada perbedaan yang banyak juga, hanya lebar frekuensi dari versi pro sedikit lebih lebar, terlihat frekuensi bawah atau lownya lebih kecil di 7hz, apakah bakal bikin lownya makin nampol? nanti di impresi suaranya ya :D/

Baca Juga :   Nyobain Android 10 di Redmi Note 5

Perbedaan yang agak besar terletak di Dynamic Drivernya. DI ZSN Pro mereka menggunakan Double Magnetic Dynamic Driver. BA nggak ada perubahan sama sama menggunakan tipe 30095

 

Impresi Suara

Dibandingakan versi yang non pro, versi pro ini memiliki High, dan Middle lebih maju. Suara vokal terdengar lebih jelas, dan highnya lebih ngecring dan nusuk. Earphone begini cocok untuk dengerin musik ber-genre accoustik atau yang menonjolkan vokal. 

Saya coba dengerin ini di Realme XT, Dolby atmos saya matikan sementara source musik saya ambil di spotify dengan kualitas mentok bawah alias very high. saya coba nggak pake efek apa apa mau ngetes senatural mungkin kemampuan IEM ini.

Lagu pertama dari tante Whitney Huston yang i will always love you. Dengan karakter High dan Middle lebih tinggi, lagu ini jadi eeeeennnaaak banget, suaranya tante whitney lebih jernih dan sukses bikin merinding dan senyum senyum sediri saking enaknya.

Lagu kedua dari punyanya Faye Wong, yang Eyes on me OST nya Final Fantasi VII. Di lagu ini entah kenapa saya kurang begitu bisa menikmati, High nya yang tinggi bikin ketika si cantik Faye Wong pas yang bagian “ssst sst” agak nusuk. Cuma saya akui kalau di lagu ini secara keseluruhan lebih open suaranya, sound stagenya lebih luas dibandingkan ZSN biasa, lownya ngeces ngeces sedep. 

Baca Juga :   Harga Redmi note 8 bakal sama seperti Redmi Note 7

Lagu ketiga dari Fiersa Besari ft Thantri yang judunya Waktu yang salah, pasa awal awal akustik gitar terdengar ajib bener, dan kembali suaranya lebih open disini, luas banget dah. Namun saat pertengahan waktu drumnya masuk, kerasa ketutup vokal nya Fiersa jadinya agak kurang nampol.

Sekarang lompat ke genre EDM, lagu pertama saya coba muter lagunya Bazzi yang Mine, lagi ini ternyata lebih enak kalau di dengerin di ZSN versi biasa. Di versi pro bassnya kurang nampol, begitu pula di lagu Afrojack yang The Spark, bass nya lebih kerasa nampol yang di versi biasa, walau tetap suara akustik gitarnya berasa enak disini.

Karena EDM nggak begitu enak, balik lagi yang agak agak Accoustic dan jadi lagu terakhir untuk ngetes IEM ini. Lagu terakhir saya dengarkan adalah lagunya Jason Mraz yang 93 Million Miles. beneran deh, ini lagu nikmat banget di dengerin apake ZSN pro. 

Eh, nambah satu lagi ya lagunya Kygo yang firestorm, lagu ini suasananya gelap dan di representasikan dengan baik, gema vokalnya itu kedengeran lebih luas, dan suara pianonya juga kedengeran enak. Di ujung ujung lagu saat suara drum dan cymbalnya masuk itu juga maknyus, alus hentakannya juga dalem. 

 

Kesimpulan:

Bagi yang nyari IEM bagus, ini bisa jadi pertimbangan dengan berbagai catatan. Kalau kamu bass head yang isi playlistnya dari 1 sampai 100 edm semua, earphone ini nggak cocok. kalau kamu banyakan denger lagu pop, akustik, atau pengen yang vokalnya lebih instens earphone ini cocok banget. Kalau sudah punya KZ ZSN biasa apa upgrade ke versi pro? mending jangan deh. ZSN biasa masih cukup enak enak aja kok, 

 

 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =