Review Knowledge Zenith ZSN, beneran enak?

Hari ini saya kedatangan paketan dari Tokopedia yang isinya sebuah earphone tipe In Ear dari Knowledge Zenith bertipe ZSN. Review dari IEM ini sudah banyak bertebaran di Youtube dan memperoleh nilai yang positif.

Inilah yang menggoda iman saya untuk membeli earphone ini, sebagai earphone cadangan dari Rock Zircon yang beberapa bulan ini saya pakai.

lantas suaranya apa bagus untuk IEM di bawah 200 ribu??

Spesifikasi dan Build Quality.

IEM ini saya beli di Toko resmi Knowledge Zenith di tokopedia dengan harga 183 ribu. KZ-ZSN ini memiliki impedansi sebesar 25ohm, diatas kertas harusnya tidak butuh banyak tenaga untuk mendrive IEM ini.

Housing Knowledge Zenith KZN

Begitu bungkusanya dibuka, terpampang 2 buah IEM beraksen metal yang menimbulkan kesan mewah dan mahal.

Bodinya sih berbahan plastik dengan ujung terbuat dari besi dan sudah terpasang eartips medium.

Kabel Knowledge Zenith

Didalam kotak terdapat kabel copper yang bentuknya agak unik, eartips cadangan dan buku panduan.

Kabel begini agak ribet menurut saya, karena gampang sekali kusut, dan lebih susah di urai dibandingkan dengan kabel punya Rock Zircon.

Baca Juga :   Unlock Bootloader semua Hp Xiaomi

Di ujung kabelnya ini bisa di tekuk sesuai telinga, jadi nggak bakal gampang lepas, apalagi Tipe IEM ini adalah IEM yang over the ear.

Fittingnya nyaman, nggak gampang lepas, pas banget di kuping saya dan nggak pegal di kuping kalau dipakai lama lama.

Bagi motoris kayak saya, begitu masuk helm, IEM ini nggak gampak copot kayak rock zircon.

IEM ini memiliki 2 unit driver, Satu dynamic driver bertipe Balanced Armature

Impresi Suara.

Lanjut ke impresi suara, sebelumnya sedikit disclaimer dulu nih. Apapun yang saya katakan disini sifatnya subyektif, tergantung telinga masing masing. Jadi setelah membca ini keputusan beli apa nggaknya saya kembalikan ke pembaca ya.

Untuk pemutar musik, saya percayakan kepada Redmi Note 5 dengan sumber lagu saya ambil dari Spotify, sebelumnya pilihan qualitas Audio yang saya pilih adalah Very High, tanpa tambahan Equalizer atau Enhancer bawaan hape xiaomi.

Lagu yang saya pake kali ini adalah lagunya Sheila On 7 berjudul Bila Kau Tak disampingku, lagu ini memang lagu lawas, bagi bass head seperti saya, intro yang banyak drum kayak gini cocok untuk uji coba,

Baca Juga :   Realme 2 pro, Pendatang baru yang siap obrak abrik kelas tengah

Bagi penyuka Bass, Bass dari Knowledge Zenith ZSN ini bagi saya kurang nendang dibandingkan dengan Rock Zircon, basnya sih ada cuma nggak se punchy Rock Zircon.

Di Rock Zircon bassnya mukul banget, kayak dipukul pake sarung tangan tinju. Lembut , squishy tapi tetep bikin bonyok. kalau punya ZSN serasa pake genggaman tangan aja, tetep bonyok tapi agak pedes. heheheh.

Disini vokal om duta terdengar jelas, karena posisinya cenderung di depan, beda dengan rock zircon yang agak mundur, Highnya pun lebih nusuk, bagi penyuka lagu yang banyak vokal, IEM ini cucok bgt.

Bagi yang seneng lagi yang mengandalkan olah vokal, ini cocok. Untuk mempertegas opini saya saya coba lagu kedua dari Whitney Huston berjudul I Will Always Love you.

Benar saja, ketika mendengarkan lagu ini pake KZN, seketika bulu kuduk di sekujur tubuh ini berdiri, Suara tante Whitney Huston begitu anggun, suaranya nggak semendem di Rock Zircon. Berasa kayak nonton konsernya beneran :D.

Baca Juga :   Vyatta Turbo X, 1 Charger untuk semua.

Suara Hi-Hat Cymbal di lagu ini terdengar lebih ngecring, suara tom tom dan pedalnya nggak begitu dalam.

Kesimpulan

Bagi yang suka nyari IEM tipenya All Round yang enak dipake dengerin lagu apa aja, KZ ZSN bisa jadi pilihan yang masuk akal, apalagi harganya nggak begitu nguras kantong, Tapi bagi yang suka basnya agak Deep, saran saya cari IEM lainnya, atau bisa dipertimbangkan untuk meminang Rock Zircon

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 7 =