Kebut Kebutan Redmi Note 5

Berita buruk datang dari Custom Rom yang sehari hari saya gunakan yaitu Syberia OS. Sang maintenance rupanya tidak meneruskan lagi pengembangan Custom ROM ini untuk Redmi Note 5. Padahal saya cukup suka dengan ROM ini karena kaya fitur dan dayatahan baterainya yang awet.

Alhasil sekarang saya harus mencari Custom ROM lagi yang lain. Kali ini saya akan mencoba Custom ROM yang dibangun dengan CAF, bagi yang belum tau apa itu CAF bisa klik artikel berikut ini ya.

Salah satu custom ROM yang dibuat dengan CAF adalah Pixel Experience. Dulu saya sudah pernah menggunakan ROM ini namun beralih menggunakan Syberia OS karena fiturnya lebih banyak, dan support Full Gesture walaupun tidak segesit MIUI10.

Satu hal lagi yang ingin saya coba menggunakan Filesystem F2FS yang diklaim bersahabat dengan NAND Flash Memory. So, bagaiman kalau kedua teknologi ini disatukan??

Selama seminggu penggunaan ROM ini saya merasakan memang ada perubahan yang cukup berarti dalam performa buka tutup aplikasi. Lebih gesit dari biasanya.

EXT4

Bisa terlihat dari ujicoba diatas ada peningkatan yang cukup tinggi pada Sequential Write yang mana berati perfoma penyimpanan data menjadi lebih baik dari yang awalnya 139 MB/s menjadi 196 MB/s atau naik lebih dari 50 MB/s

Baca Juga :   yang baru di MIUI 10.2

Dalam Random Write pun terlihat ada peningkatan walau tidak terlalu signifikan yaitu 2MB/s serta di Random Read yang juga naik sekitar 2MB/s.

Berikutnya saya coba performanya secara keseluruhan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark.

Defaultnya, Redmi Note 5 mampu mengghasilkan skor sekitar 115ribu poin, dengan gabungan antara Rom Berbasis CAF dengan F2FS si Redmi Note 5 mampu menghasilkan skor sebesar 117 ribu poin atau naik sebesar 2ribu poin.

Default
PixelExperience CAF + F2FS

Bisa terlihat pada gambar diatas bahwa kenaikan yang paling tinggi terdapat pada Skor CPU dan Skor Memory.

Dapat saya simpulkan bawah ROM berbasis CAF memang memiliki performa yang lebih baik karena memang di optimasi untuk Chipset Snapdragon 636. Sedangkan File System F2FS menyumbang kenaikan pada Memory.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =