Hape kok ponian

Hape kok ponian?

 

sumber: cnet

 

Sejak kemunculan Iphone X yang punya poni. banyak brand brand smarpthone yang ikut ikutan bikin Hape pake poni. mulai dari hape kelas entry level sampai ke flagship. emang bagus hape pake poni? Sebelum lanjut baca baca saya kasih disclaimer dulu deh kalau artikel ini musni pendapat saya yang agak geli kalau ada orang ngelihat kabel gagang telpon semerawut bakal ngabisin waktu berharganya untuk ngerapiin kabel tersebut.

 

Iphone bukan yang pertama.

Iphone memang bisa dikatakan sebagai kiblatnya smarphone moderen begitu iphone baru muncul yang punya teknologi ‘baru’ walaupun nggak baru baru amat, nyatanya banyak yang bakal ngekor dibelakangnya salah satunya ya si poni a.k.a notch ini.

Smartphone yang pertama pake poni adalah Esential PH-1 brand ini bisa dikatakan hampir nggak semua orang tau, tapi kenyataanya smartphone android satu ini adalah yang pertama makai poni di layarnya.

sumber :androidcentral

Smartphone ini dirilis pada Mei 2017 memiliki poni kecil untuk menempatkan kamera depan. kehadiran notch sendiri memungkinkan para produsen smartphone untuk menyematkan layar sebesar mungkin tanpa ikut membesarkan body ponsel.

Baca Juga :   Fakta Laptop Merah Putih.

 

Dewasa ini banyak smartphone yang merilis hp dengan konfigurasi layar 18:9 untuk membuat layar di smartphone besutan mereka lebih besar dengan body yang tetap kecil.

lihat saja beberapa tahun lalu ketika banyak brand yang membuat hape dengan dimensi layar 6 inch. Bodynya pasti gede gede kayak talenan dapur.

sumber:nextren

Berkat rasio 18:9 produsen bisa membuat smartphone berlayar 6 inch dengan dimensi yang nggak jauh beda dengan smartphone 5.5 inch dengan rasio layar 16:9.

Dengan hadirnya notch, produsen bisa memasukan layar lebih besar (6.3inch) dengan body yang nggak begitu besar. Rasio layarnya pun meningkat jadi 18.5:9 bahkan 19:9.

Jadi bagus dong?

Tak bisa dipungkiri kehadiran notch merupakan langkah baru dalam kemajuan teknologi smartphone. Selain bisa memperbesar ukuran layar, Notch juga bisa menyembunyikan fitur fitur yang umumnya ada di smartphone misalkan kamera delan, Ambience sensor hingga infrared / dot projector.

kehadiranya bisa diterima kebanyakan orang tapi tidak sebagian lainnya. kenapa?

 

kesannya aneh.

Bagi saya kehadiran notch membuat smartphone gak aneh, layar seperti ketutupan sesuatu. memang dimensi layar makin lega tapi malah justru tidak bisa kita nikmati secara utuh.

Baca Juga :   Gempuran Redmi Belum Selesai. Redmi Note 7 Pro siap siap dirilis

berikut saya berikan contoh gambar kenapa saya tidak menyukai hape pake poni

 

sumber bgr

Memang beberapa produsen memberikan opsi untuk menyembunyikan poni di smartphone mereka, tapi yaa.. malah makin aneh…… bagi saya tentunya.

Alternatif Notch

Banyak orang yang kurang menyukai poni di smartphone mereka, seperti teman saya yang beberapa waktu lalu pengen beli smartphone yang lebih memilih smartphone tanpa poni walaupun spek yang ditawarkan smartphone tersebut lebih OK.

Vivo dan Oppo menjadi brand yang berhasil membuat alternatif smartphone layar besar tanpa poni. Oppo melalui Find Xnya memilih menyembunyikan Kamera depannya. Bagi saya itu oke menginggat saya jarang sekali menggunakan kamera depan untuk berfoto, namun tak hanya kamera depanya, kamera belakangnya pun ikut ikutan sembunyi. bagi yang sering menggunakan kamera belakang ini bisa sedikit bikin ribet.

Vivo dilain sisi hanya menyembunyikan kamera depannya dan membiarkan kamera belakangnya tetap pada posisintya, desain seperti ini bagi saya oke banget mengingat saya jarang menggunakan kamera depan.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =