Install Google Camera di Realme 5 pro

Realme 5 Pro adalah smartphone anyar keluaran Realme yang dirilis Agustus 2019 lalu. Smartphone ini mengusung spek yang bisa dibilang cukup menggiurkan yaitu SoC besutan Qualcomm Snapdragon 712. Hape ini dilengkapi dengan Ram 4 hingga 8GB serta memory Internal 128GB UFS 2.1 yang pastinya ngebut untuk sehari hari.

Selain itu, hape ini dilengkapi pula dengan sensor kamera kelas Flagship Sony IMX 586. Sensor ini memiliki resolusi sebesar 48Mpixel dengan teknologi PixelBinning. Sebenarnya performa kamera bawaanya sudah ok ok aja nggak ada masalah yang berarti. Cuma kadang kameranya penuh dengan noise dan ketajamannyapun saya rasa kurang.

Nah, ini ada solusinya yaitu Gcam, atau yang biasa dikenal dengan Google Camera. Gcam yang saya gunakan adalah punyanya Xiaomi Mi 9se, khusus punya Realme sih belum ada. maklum ini device relatif baru, developernya pun masih jarang.

Realme 5 Pro dan Xiaomi Mi 9Se memiliki beberapa kesamaan. Processornya sama, serta kameranya juga sama. Jadi, kemungkinan besar aplikasi GCam Mi 9Se bakal berjalan di Realme 5 Pro.

Oh ya, Camera2 Api di Realme 5 Pro secara default sudah aktif, jadi kami cuma tinggal download Google Camera lalu install.

Baca Juga :   Ngintip daleman Redmi Note 8 Pro

Pertama tama, download Aplikasi Gcam Xiaomi Mi 9Se di sini, saya pakainya yang MGC-7.0.009_MiIXSE.RPII.MiVIII_V1b_NoFixBuff.apk . Karena filenya cukup besar, saya sarankan pake Wifi atau beli paket internet yang berlimpah ya 😀

Oke, setelah didownload install seperti biasa, lalu siap digunakan. Oh ya, ada beberapa setingan yang mungkin bisa kamu aktifkan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hidupkan HDR+ Control dan RAW+JPEG, Pixel AWB On, Quality HDR High, Final JPG Quality 100%. Sarturasi sesuai selera saja (saya pake low)

Jangan lupa untuk menghidupkan Mode RAW yang nanti bisa kita edit lagi di Snapsheet/Lightroom/Photoshop

Berikut saya suguhkan perbandingan hasil foto dengan aplikasi bawaan dan Gcam. Sebelumnya, foto foto berikut sudah saya turunkan resolusinya biar muat 😀

 

hasil gambar yang ditangkap oleh Google Camera cenderung lebih warm jika dibandingkan dengan aplikasi bawaanya. Dinamic Range sama sama bagus, cuma gambar dari Google camera terlihat cenderung lebih gelap di area shadownya.

Baca Juga :   Kamera Smartphone yang makin lama makin banyak!

 

Foto ini saya ambil di pagi hari saat matahari masih malu malu menunjukan jati dirinya, terlihat kembali bahwa hasil foto Google Camera cenderung lebih warm, jika dibandingkan dengan Aplikasi bawaan. Yang menarik adalah, Detail dan noise dari Google Camera masih lebih baik jika dibandingkan dengan aplikasi kamera bawaannya.

Diatas merupakan perbandingan Exif dari kedua aplikasi, Aplikasi Gcam Menggunakan Iso yang lebih rendah, dan Exposure yang lebih lama. ini berimbas pada kualitas hasil tangkapan yang lebih minim noise dan tajam.

Kelemahanya menggunakan Exposure yang lebih lama dengan Iso yang kecil, jika tangan goyang maka hasilnya akan ngeblur. Tapi ajaibnya, Algoritma pemrosesan gambar yang dibawa Google Camera bisa membuat hasil selalu tajam.

Kebalikanya Aplikasi bawaan Realme menggunakan ISO yang lebih tinggi serta Shutterspeed yang lebih cepat. Hasilnya, Tangkapan Aplikasi bawaan lebih banyak noisenya.

 

Berikut saya coba bandingkan kedua aplikasi dalam menghandle Backlight, Dibagian kiri adalah hasil GCam sedangkan yang kanan adalah aplikasi kamera bawaan. Disini saya coba menghidupkan fitur Chromaboost pada aplikasi kamera baawaan. Hasilnya, Gambar lebih berwarna dengan langit yang lebih biru.

Baca Juga :   Windows XP 2019 Edition

Aplikasi Google camera juga mampu menghandle backlight secara apik berkat fitur HDR+ nya. disini saya lebih suka hasil GCAm karena lebih natural.

 

Ini yang ditunggu tunggu, Hasil kamera Lowlight antar kedua aplikasi. Sebelah Kiri saya menggunakan Mode NightScape sedang sebelah kanan menggunakan Google Camera. Disini, Gcam masih perkasa untuk urusan low light, hasil yang ditanggap lebih terang, detail serta natural. sedangkan Hasil dari Nightscape warnanya lebih over saturated.

 

Kesimpulan.

Masing masing aplikasi membawa keunggulan sendiri sendiri, Jika kamu suka yang natural natural, GCAM dapat diandalkan. Apalagi untuk urusan foto foto di tempat gelap

Hanya kelemahannya, Aplikasi ini masih belum setabil sepenuhnya, Slowmotion masih tidak bisa berfungsi, dan kita nggak bakal bisa matikan fitur HDR.

 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seventeen =