Fresh banget!, ini penampilan RealmeUI.

Update RealmeUI

RealmeUI merupakan Update besar untuk pengguna ponsel Realme yang dirilis awal tahun ini. Sebelumnya, Realme menggunakan CustomOS milik Oppo yaitu ColorOS pada ponsel ponsel besutan mereka. Kini, mereka sepertinya sudah bisa untuk berdiri sendiri dan membangun brand image sendiri lepas dari kakak mereka Oppo.

Saya sendiri baru menerima update beberapa hari kemarin, setelah bolak balik “menyerang” realme di medos gara gara selepas bulan Januari, update besar yang mereka janjikan nggak kunjung mendarat di hape. Bahkan, beberapa orang yang sudah kebelet, sudah keburu nafsu untuk menjamah CustomOS baru ini mengambil jalan pintas dengan mengunduh dari Situs India menggunakan VPN.

Cara ini nggak disarankan oleh Realme Indonesia karena ada perbedaan Firmware antara keduanya, walau beberapa orang yang sudah mengunduh menggunakan VPN nggak merasakan sesuatu yang aneh setelah update. Malah update tersebut berjalan dengan dengan semestinya.

Tapi sobat sekarang nggak perlu lagi untuk mengunduh RealmeUI via VPN, kini update tesebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Realme 3 Pro dan Realme XT di seluruh indonesia. Cara update maupun persiapanya bisa di baca disini ya :D.

Baca Juga :   Nokia 9 PureView

 

Desain Baru.

Hal yang paling terasa adalah desain UI yang benar benar baru. Ada sedikit rasa OneUI milik samsung disini, dan sedikit mix dengan Stock Android. Lihat saja tata susunan Icon di atas layar yang sedikit mirip OneUI dimana Indikator sinyal operator dan wifi kini berpindah ke sebelah Kanan.

Halaman Awal RealmeUI

Navigation bar dibawahnyapun sepintas mirip dengan OneUI milik samsung, bahkan dengan sedikit tweak pada icon kamu bisa mengubah desain yang bulat ala Pixel menjadi sedikit kotak mirip OneUI.

Untuk merubah tampilan Icon, selain dengan mendownload theme baru di Themestore yang kini banyak yang berbayar, tekan dan tahan di bagian tengah layar hingga muncul pilihan setting.

Merubah Desain Icon

Geser layar hingga ke bawah, pilih set Icon Style. Disini kamu akan diberikan 4 buah pilihan dengan desain yang berbeda beda, Default agar icon terlihat mirip di Google Pixel, Material tanpa background tambahan di belakang icon, Pebble agar terlihat Mirip OneUI, atau Custom buat kamu yang mau cari desain yang berbeda.

Baca Juga :   Handphone dengan kamera paling banyak di dunia...!
Merubah Desain Icon RealmeUI
Material > Pebble > Art

 

Desain Volume bar baru

Dulu, ketika tombol Volume kita tekan, maka akan muncul slider volume di sisi kiri layar dan ketika tombol titik tiga kita tekan, maka akan muncul volume bar baru yang memenuhi bagian tengah layar.

Kini, Volume Bar yang baru bakal signifikan lebih kecil dan mepet ke bagian kiri layar. Hal ini tentu memudahkan kita untuk menggeser geser volume bar dengan 1 tangan.

Volume Bar

 

Desain Notification Bar baru.

Notification bar juga nggak luput dari perombakan total. Dulu untuk tampilan notification bar akan memenuhi semua layar, sedangkan yang baru tergantung seberapa banyak notifikasi yang masuk dan belum terbaca.

Toggle QS (Quick Setting) kini hanya terdiri dari 1 baris berisi 6 toggle sekaligus, sedangkan desain lama terdiri dari 2 baris dengan 8 buah toggle.

Kalau sobat geser lagi kebawah maka akan muncul Togge QS lainnya dengan tampilan jam di bagian atas.

Yang sedikit mengalami kemunduran menurut saya adalah slider kecerahan layar, dimana sekarang tidak ada lagi peringatan High Power Consumption seperti desain yang lama. Peringatan tersebut hanya akan muncul jika sobat menggeser kecerahan layar melalui setting > Display & Brightness.

Baca Juga :   KZ ZSN Pro, upgrade minornya ZSN

 

Desain Jendela Setting baru.

Sudah tentu jendela setting berubah cuma nggak terlalu signifikan hanya saya dalam mode gelap backgroundnya menjadi lebih gelap, dengan desain icon yang baru.

Desain Setting

 

Perubahan Lain.

  • DarkMode kini berpindah dari Realme Labs berubah tempatnya di Display & Brightness
  • Ada fungsi Screen Light Effect
  • Ada fitur HeyTap Cloud.
  • Realme Labs kini terdapat fitur Dual Earphone.

Post Author: ferizkurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *