E-KTP (KTP-EL) Rusak? Perbaiki saja.

e-KTPKTP-el atau yang lebih familiar di dengar e-KTP merupakan kartu tanda penduduk baru yang menggunakan sistem Elektronik Didalamnya.

Kartu ini mulai di luncurkann pada tahun 2011 dan menjadi salah satu syarat wajib untuk kepengurusan segala jenis dokumen karena KTP lama sudah tidak lagi berlaku.

Namun semebjak pertamakali diluncurkan hingga sekarang, e-KTP masih hangat diperbincangkan mulai dari kasus mega korupsi e-KTP, ketersediaan blangko yang terbatas, jadinya bisa sampai 3x lebaran baru selesai hingga keawetannya, yang dalam beberapa kasus mudah sekali rusak.

Kerusakan yang bisa terjadi karena human error, baik pada saat pembuatannya maupun si empunya sendiri yang kurang menjaga dengan baik KTPnya.

Dari saat pembuatannya misalkan, pencetakan e-KTP memerlukan printer khusus yang harus benar benar pas suhu nya yaitu berkisar antara 160-170 derajat celcius, Kurang dari itu maka laminating kartu akan mengelupas, lebih dari itu maka e-KTP akan melengkung.

nah, bagaimana kalau e-KTPnya rusak? ngurusnya gampang nggak ya? apa perlu seperti mengurus ktp pertama kali harus wara wiri ngurus surat kemana-mana? Gampang banget kok. ‘bayarnya’ pun murah.. berikut saya share pengalaman perbaikan e-KTP yang rusak.

Baca Juga :   Bantu bang Ojol yuk.

Pertama-tama, dokumen yang musti di siapkan adalah fotokopi kartu keluarga 1 lembar saja Sama e-KTP yang rusak, itu doang. Setelah dokumen siap tinggal langsung ke dispendukcapil setempat lalu menuju loket pengurusan e-KTP, kalau bingung tinggal tanya saja ke informasi. kalau bisa datengnya pagian, biar ga lama kayak nunggu kepastian dari si dia.

Setelah sampai ke loket, cukup serahkan e-KTP yang mau diperbaiki dan fotokopi kartu keluarga lalu duduk manis sampai di panggil.

Buat yang mau eksis bisa update status IG sambil foto loket, trus kasih lokasi lalu bales bales DM deh. Atau ngepush rank? boleh.

Setelah nama dipanggil, dalam kasus saya sekitar 30 menitan lah, nama kita akan di panggil dan e-KTP pun siap dibawa pulang, dan GRATIS TIS TIS.. ya ga seratus persen sih, total saya cuman habis 2000 perak untuk bayar parkir, hehehe. Gimana, gampang banget kan??

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 11 =