Custom ROM : Evolution X 2.0

Alkisah di suatu siang, gundah menyelimuti hati. Custom ROM kesayangan saya Pixel Experience tidak juga menampakan diri untuk mengupdate buildnya. Padahal sudah lebih dari sebulan, security patch mentok di bulan juli sedangkan beberapa ROM lain sudah anteng di bulan Agustus.

Berbekal rasa gundah itulah saya lalu iseng browsing di xda-developer untuk mencari alternatif Custom ROM lain. Jatuhlah pilihan saya ke Evolution X yang ternyata kini sudah mencapai versi 2.0.

Berikut akan saya ceritakan pengalaman saya menggunakan Custom ROM ini yang secara mengejutkan memiliki performa yang baik, serta batre yang cukup awet.

Evolution X merupakan Custom ROM dibangun berdasarkan AOSP sehingga memiliki beberapa fitur kekinian dari Google. Tak hanya itu, ROM ini ternyata terinspirasi dari Pixel Experience.

ROM ini sudah memiliki Google Apps yang terintegrasi di dalamnya, sehingga kita tidak perlu mendownload Google Apps secara terpisah lagi.

Kernel yang digunakan adalah IceCold kernel 5.3 yang menurut saya cukup stabil dan memiliki daya tahan batre yang cukup mumpuni.

Baca Juga :   Pindah kelain hati, ini dia Realme 5 Pro

Sekali ngecarge, Redmi Note 5 saya mampu bertahan 23jam dengan SOT sekitar 5-6 jam dengan pemakaian yang cukup instens bersosial media, Chating, dan nonton Youtube.

Anda mungkin bisa mendapatkan SOT yang lebih jika menggunakan Jaringan WIFI, sudah rahasia umum mungkin jika SOT menggunakan Wifi bakal lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan jaringan 4G milik operator selular.

Untuk menggunakan ROM ini kamu harus menggunakan Firmware Reno 5 terbaru yang sudah di Android PIE.

Kamu yang sebelumnya menggunakan Custom ROM yang memiliki Customisasi yang banyak seperti Havoc OS, kostumisasi tersebut juga bisa didapati di ROM ini, mulai dari pengaturan Quick Setting, Ambience Display, Font, Smarbar dan lain sebagainya.

Fitur Fitur Extra tersebut bisa di akses di menu setting > Evolution Extra.

Setelah lebih dari semingu menggunakan ROM yang saya rasakan adalah ROM ini cukup stabil, nyaris tanpa LAG yang bikin frustasi.

Buka tutup aplikasipun demikian, gesit. Yang kurang hanyalan kemampuan multitaskingnya saja, kadang saya mendapati aplikasi yang berjalan di Background di load ulang. Tapi ini bukan masalah yang besa bagi saya.

Baca Juga :   AOSP vs CAF

Skor Antutu yang didapatkan Custom ROM ini sekitar 116ribu poin, lebih tinggi sedikit daripada Havoc OS secara default tanpa optimasi FDE.AI yang memperoleh poin sebesar 113ribuan, sebelas duabelas dengan MIUI 10.

Performa gaming bisa dibilang OK, Main PUBG mobile bisa di Framerate High, dengan pilihan grafis smooth.

Saya sih nggak begitu rewel mengenai performa game, yang paling saya pentingkan adalah performa sehari hari, nggak ngelag, custom ROM ini bisa bikin saya betah memakainya.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =