Apasih bahayanya Micin atau MSG?

Micin / MSGGenerasi Micin sering sekali kita dengar dalam era milenial ini, Generasi michin menggambarkan kelakuan kids jaman now yang biasanya tidak bisa dimengerti terutama di media sosial.  Apalagi mungkin makanan makanan jaman sekarang banyak sekali mengandung michin atau juga dikenal sebagai MSG yang memiliki kepanjangan keren Monosodium Glutamat.  Tapi apa emang segitu bahayanya namanya micin ini??

 

Mengenal MSG.

Sejatinya MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan hasil fermentasi dari gula dengan sejumlah bakteri Corynebacterium.  Diperkenalkan pertama kali oleh professor asal jepang Kikunae Ikeda pada tahun 1908 yang awalnya terbuat dari gangang laut Laminaria japonica. Zat ini memiliki rasa manis, asam asin dan pahit dan disebut dengan kata umami.

Kemudian di tahun 1909 penyedap rasa ini mulai di produksi masal dengan merek dagang AJI-NO-MOTO yang dalam bahasa jepangnya memiliki arti intisari rasa.

Lalu bahayanya dimana?

Pada tahun 1960an banyak orang yang mengeluh pusing, mual, keringat dingin dan kulit memerahan ketika mereka makan di restoran cina.  Restoran Cina memang terkenal banyak menggunakan MSG untuk membuat citarasa masakan mereka gurih.  Disinilah muncul sebuah sindrom bernama Chinese Restaurant Syndrome.

Baca Juga :   Manfaat pisang rebus untuk penderita Maag.

Namun kenyataanya banyak penelitian ilmiah yang tidak berhasil mengaitkan sindrom ini sepenuhnya dengan MSG. Gejala gejala yang mereka alami cenderung berasal dari sumber makanan lain atau sugesti negatif mengenai Chinese Restaurant Syndrome ini. Meskipun begitu ada penelitian yang lain yang menyatakan bahwa MSG dapat merangsang syaraf kita secara berlebihan sehingga dapat merusak sistem syaraf kita, nah lu..

 

Berati bahaya dong?

Banyak yang meragukan penelitian ini, bukan dari kalangan miciners atau produsen produsen micin yang ramai rama menghasut masa untuk berdemo. Tapi memang instrumen penelitian mereka yang dinilai tidak masuk akal, seperti kadar MSG yang terlalu berlebihan dari standar konsumsi manusia pada umumnya.

Apakah kita perlu MSG?

Nyatanya MSG banyak sekali kita temui bentuknya di dalam kehidupan kita sehari hari, bukan hanya dari micin. Makanan makanan seperti keju, daging, ikan dan sayuran seperti tomat juga mengandung MSG. Bahkan, Badan kitapun juga memproduksi MSG secara alami.

Berarti MSG aman?

MSG mengantongi lampu hijau untuk bisa kita konsumsi, namun seperti halnya gula dan garam kita harus bijak bijak dalam mengkonsumsi MSG yang penting bakso yang sedang membuat anda ngiler sekarang jangan ditambahi sesendok makan MSG karena tau kalau MSG itu aman..

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =