AOSP vs CAF

Di dunia peroprekan Ponsel khususnya android, istilah AOSP sudah sering kita dengar. AOSP atau Android OpenSource Project merupakan core dari android atau versi basic dari Versi android.

Banyak dari Rom baik yang bawaan pabrik dan Custom dibuat berdasarkan AOSP. lalu CAF itu apa sih?

Apa itu AOSP?

AOSP (Android OpenSource Project) adalah kumpulan code baseline Android, ketika Google mencoba merilis Android Versi terbaru, kode kode tersebut dimasukan ke AOSP dan bisa di gunakan oleh banyak komunitas, biasanya versi software yang dirilis oleh google akan tertera di nama belakang versi android tersebut.

Contohnya, Android.8.1.0_R14. ini artinya Android Versi 8.1 dengan revisi code ke 14. Google menguji code baru yang mereka buat ke beberapa device saja, dengan katalain Kode tersebut tidak dibuat spesifik untuk hardware tertentu.

Apa itu CAF?

CAF atau Code Aurora Forum (codeaurora.org) merupakan tempat dimana Qualcomm, produsen SoC snapdragon membagikan sourcode untuk chipset yang mereka buat.

Forum ini sepertihalnya forum XDA Developer, bedanya di Forum ini lebih banyak pengembang OS Android ketimbang orangn yang ini memflash device mereka untuk mencoba custom ROM baru.

Baca Juga :   Gempuran Redmi Belum Selesai. Redmi Note 7 Pro siap siap dirilis

Nah, disinilah mengapa Custom ROM untuk SoC snapdragon begitu banyak dibandingkan dengan Mediatek atau yang lainya, karena Qualcomm membagi bagikanya secara opensource di forum ini.

kode kode yang dirilis Snapdragon ke forum, sebagian mengambil dari Kode AOSP, mereka menghapus atau menambah beberapa kode yang spesifik untuk SoC buatan mereka.

Tujuanya, agar kode kode tersebut berjalan optimal dengan SoC buatan mereka, biasanya berisi BugFix, Driver Audio, Kamera, library dll. Kode Kode ini kemudian juga diberikan kepada OEM (misalkan Xiaomi) untuk mengembangkan device mereka.

Kesimpulan.

Jadi, jika kamu para opreker yang mau merasakan beberapa fitur terbaru pada versi android terbaru juga, pilihlah Custom ROM yang dibuat berdasarkan AOSP.

Sedangkan jika kamu mau merasakan performa yang optimal dari device yang kamu punya, pilih Custom ROM yang dibuat berdasarcan CAF.

Walapun tidak begitu signifikan, Custom ROM yang dibangun diatas CAF memiliki performa setidaknya 5-10 persen lebih cepat dibandingan Custom ROM AOSP

Share

You may also like...

1 Response

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =